Pengertian Hukum Bacaan Idgham Bighunnah dan Contohnya Dalam Ilmu Tajwid

Hukum Bacaan Idgham Bighunnah Dalam Ilmu Tajwid

Bagaimana pengertian hukum bacaan idgham bighunnah dalam ilmu tajwid ? Sebagaimana telah kita ketahui bersama bahwa bacaan idgham dalam hukum nun mati dan tanwin itu terbagi atas 2 bagian yaitu idgham bighunnah dan idgham bilaghunnah, definisi idgham dan pengertian sendiri telah dibahas sebelumnya yaitu pada artikel dengan judul Pengertian Idgham dan Macam-macamnya secara lengkap, bagi sobat yang belum memahami apa itu idgham silahkan pelajari pada artikel tersebut.

Jangan lupa juga pelajari : 4 Hukum Nun Mati dan Tanwin Serta Bagiannya

Berikut ini adalah penjelasan mengenai pengertian idgham bighunnah ditinjau dari ilmu tajwid secara lengkap :

Dilihat dari bahasanya, kata “bighunnah” berarti “dengan ghunnah atau dengung” maka yang dimaksud dengan hukum bacaan idgham bighunnah ialah bertemunya nun sukun atau tanwin dengan salah satu huruf idgham bighunnah yang harus dibaca dengan cara mendengung.

Adapun yang dimaksud dengan berdengung disini adalah membaca dengan cara memasukannya ke lubang hidung sehingga suara yang dikeluarkannya mendengung.

Huruf Idgham Bighunnah dan Contohnya

Jumlah semua huruf idgham ada 6 huruf, namun yang termsauk dalam huruf idgham bighunnah ada 4 huruf yaitu : ي-ن-م-و yang terkumpul dalam lafadz يَنْمُوْ.

Berikut ini adalah uraian huruf-huruf idgham bighunnah dengan contoh-contohnya masing-masing :

Huruf Idgham Bighunnah dan Contohnya

Huruf Hukum Bacaan Idgham Bighunnah

Idgham bighunnah ini juga dinamai dengan idgham naqish atau yang kurang, dinamai demikian karena hurufnya hilang atau tidak terbaca, yang harusnya ada nun mati atau tanwin menjadi tidak terbaca.

Perlu sobat ketahui bahwa idgham bighunnah itu hanya terjadi pada kondisi antara 2 kata, jadi tidak ada idgham bighunnah pada 1 kata. Jika ditemukan huruf idgham bertemu dengan nun sukun pada satu kata maka hukumnya wajib dibaca izhar atau jelas. Dan hal tersebut hanya akan sobat temukan pada 4 kata dalam al-quran, yaitu :

1. Surat As Saff ayat 4 : بُنۡيَٰنٞ

2. Surat Ar Ra’d ayat 4 : صِنۡوَانٞ

3. Surat Al An’am ayat 99 : قِنۡوَانٞ

4. Surat Al An’am ayat 29 : ٱلدُّنۡيَا

Keempat kata di atas hukumnya wajib dibaca izhar, dan izhar tersebut disebut dengan izhar mutlaq.

Dari pemaparan di atas kiranya sudah sangat jelas apa yang dimaksud dengan hukum bacaan idgham bighunnah dan apa saja yang menjadi huruf-huruf serta contoh-contohnya masing-masing. Wallahu A’lam Bishawaab.

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.