Hukum Bacaan Ikhfa Syafawi dan Contohnya Dalam Ilmu Tajwid

Hukum Bacaan Ikhfa Syafawi dan Contohnya

Hukum Bacaan Ikhfa Syafawi | Bagian pertama dari hukum bacaan mim sukun ketika bertemu dengan huruf hijaiyah adalah ikhfa syafawi yang memiliki 1 huruf yaitu ba (ب), apabila ada mim sukun bertemu dengan huruf ba maka hukum bacaannya adalah ikhfa syafawi. Untuk memudahkan sobat dalam memahami hukum bacaan ikhfa syafawi ini maka pada akhir tulisan disertakan contoh-contoh ikhfa syafawi beserta suratnya dan ayatnya.

Sebelum mempelajari materi ini pastikan sobat juga telah memahami bagaimana 4 hukum bacaan nun mati dan tanwin yang telah dibahas pada tulisan sebelumnya

Hukum Bacaan Ikhfa Syafawi dan Contohnya Dalam Ilmu Tajwid

Hukum Bacaan Ikhfa Syafawi dan Contohnya

Untuk sobat yang sedang mempelajari ilmu tajwid dasar lengkap dengan hukum-hukum bacaannya silahkan simak penjelasan hukum bacaan ikhfa syafawi ini yang meliputi pengertain, huruf serta contoh-contohnya dalam al-Quran.

Perbedaan Iqlab, Ikhfa Haqiqi dan Ikhfa Syafawi

Mungkin diantara sobat pembaca menimbulkan satu permasalahan adanya kesamaan dari segi huruf dan penamaan hukum bacaannya yaitu iqlab dan ikhfa syafawi memiliki huruf yang sama yaitu ba (ب) kemudian ikhfa haqiqi dan ikhfa syafawi sama-nama dinamai ikhfa. Lalu, apa perbedaan Perbedaan Iqlab, Ikhfa Haqiqi dan Ikhfa Syafawi tersebut?

Iqlab dan ikhfa syafawi memiliki huruf yang sama yaitu ba (ب) hanya saja iqlab adalah hukum bacaan nun mati dan tanwin sedangkan ikhfa syafawi adalah mim mati.

Ikhfa haqiqi dan ikhfa syafawi sama-sama ikhfa hanya saja dari segi kodisi dan hurufnya juga sangat beda, hukum bacaan ikhfa haqiqi terjadi apa bila nun mati atau tanwin bertemu dengan huruf ikhfa yang 15 sedangkan ikhfa syafawi terjadi apabila mim matai bertemu dengan ba (ب).

Contoh Ikhfa Syafawi Beserta Suratnya

Berikut ini adalah 5 contoh ikhfa syafawi beserta suratnya lengkap dengan urutan ayatnya :

No

Lafadz

Surat & Ayat

1

هُم بِمُؤْمِنِينَ

Al-Baqarah : 8

2

أَنبَأَهُم بِأَسْمَائِهِمْ

Al-Baqarah : 33

3

أَتُحَدِّثُونَهُم بِمَا

Al-Baqarah : 76

4

أَهْوَاءَهُم بَعْدَ

Al-Baqarah : 120

5

مِنْهُم بِاللَّهِ

Al-Baqarah : 126

Dari pemaparan di atas mengenai hukum bacaan ikhfa syafawi lengkap dengan huruf dan contoh-contohnya apakah sobat sekarang sobat sudah faham? Jika ada yang perlu ditanyakan silahkan tulis di kolom komentar.

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.