Hukum Bacaan Mim Sukun Saat Bertemu Huruf Hijaiyah

Hukum Bacaan Mim Sukun Bertemu Huruf Hijaiyah

Hukum Bacaan Mim Sukun adalah materi selanjutnya dalam ilmu tajwid setelah sebelumnya telah dibahas secara lengkap 4 hukum nun mati dan tanwin ketika bertemu dengan huruf hijaiyah. Artikel ini akan menjelaskan hukum mim mati dan bagiannya lengkap dengan contohnya masing-masing yang terdiri atas izhar syafawi, idgham mitslain dan izhar syafawi, serta apa perbedaan nun mati dan mim mati dari segi hukum bacaannya.

Definisi Mim Sukun

Sebagaimana kita tahu bahwa harakat itu ada 3 yaitu : fatah, kasrah dan dhammah, jika ketiganya tidak ada maka ia disebut sukun. Maka, yang dimaksud dengan mim sukun itu adalah mim yang tidak berharakat, seperti : لَمْ – لَكُمْ – مِنْكُمْ dan sebagainya, lihat huruf mim yang tanpa harakat atau ditandai dengan bulat di atasnya, itulah mim sukun.

Pembagian dan Bagan Hukum Mim Sukun

Adapun hukum pembacaan mim sukun ketika bertemu dengan huruf hijaiyah yang berjumlah 28 terbagi atas 3 bagian, yaitu :

1. Ikhfa Syafawi, hurufnya ada 1, yaitu : ب

contoh : يَعْتَصِم بِاللَّهِ  (Al Imran : 101)

2. Idgham Mitslain Shaghir, Hurufnya ada1 yaitu : م

Contoh : وَلَكُم مَّا كَسَبْتُمْ  (Al- Baqarah : 134)

3. Izhar Syafawi, hurufnya ada 26 yaitu : Selain م dan ب

Contoh : ظَلَمْتُمْ أَنفُسَكُم  (Al-Baqarah : 54)

Untuk bagan tentang hukum bacaan mim sukun tersebut bisa sobat lihat di bawah ini :

Bagan Hukum Bacaan Mim Sukun Bertemu Huruf Hijaiyah

Bagan Hukum Bacaan Mim Sukun

Perbedaan Nun Mati Dan Mim Mati

Pada tulisan sebelumnya kita sudah membahas bagaimana hukum bacaan nun mati ketika bertemu dengan huruf hijaiyah. Lalu, apa perbedaan nun mati dan mim mati ketika bertemu dengan salah satu huruf hijaiyah yang 28?

Jika nun mati bertemu huruf hijaiyah maka hukum bacaannya ada 4 yaitu : Izhar, Idgham, Iqlab dan ikhfa, dimana keempat hukum bacaan tersebut telah dibahas pada tulisan-tulisan sebelumnya.

Sedangkan jika mim mati jika bertemu dengan huruf hijaiyah maka hukum bacaannya ada 3 yaitu : Ikjfa Syafawi, Idgham Mitslain dan Izhar Syafawi.

Demikian pembahasan mengenai hukum bacaan mim sukun atau mim mati ketika bertemu dengan huruf hijaiyah yang berjumlah 28 huruf. Wallahu A’lam Bishawaab.

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.