Hukum Mempelajari Ilmu Tajwid Dan Hukum Mengamalkannya

Hukum Mempelajari Ilmu Tajwid Dan Mengamalkannya

Ilmu tajwid adalah sebuah ilmu untuk mempelajari bagaimana cara membaca al-quran dengan baik dan bebar. Lalu, Apakah hukum mempelajari ilmu tajwid tersebut ? Artikel ini akan menjelaskannya secara lengkap, juga hukum mengamalkan ilmu tajwid bagi setiap muslim yang membaca al-quran. Untuk penjelasan mengenai pengertian ilmu tajwid serta dalil, tujuan dan keutamaannya telah kita bahas pada postingan sebelumnya.

Para ulama sepakat bahwa hukum mempelajari ilmu tajwid adalah fardu kifayah, artinya sesuatu yang wajib dilakukan oleh semua orang islam akan tetapi jika sudah ada yang melakukannya maka gugurlah kewajiban bagi muslim yang lainnya, namun jika tidak ada yang melakukannya sama sekali maka berdosalah semuanya.

Hukum Mempelajari Ilmu Tajwid Dan Hukum Mengamalkannya

Hukum Mempelajari Dan Mengamalkan Ilmu Tajwid

Adapun hukum mengamalkan ilmu tajwid setiap kali membaca al-quran adalah fardu ‘ain, artinya wajib dilakukan oleh setiap pribadi orang mukallaf baik laki-laki maupun perempuan yang membaca al-quran, apabila membaca al-quran tidak menggunakan ilmu tajwid maka ia berdosa.

Dengan melihat penjelasan di atas maka jelaslah bahwa hukum membaca al-quran dengan menerapkan ilmu tajwid adalah sebuah kewajiban bagi setiap orang. Bagi kita yang masih mempunyai kesempatan untuk mempelajarinya hendaknya berusaha untuk mempelajari ilmu tajwid karena wajib hukumnya mempelajari ilmu tajwid bagi setiap muslim sebgaimana dijelaskan di atas.

Demikianlah penjelasan mengenai bagaimana hukum mempelajari ilmu tajwid dan bagaimana pula hukum menerapkan ilmu tajwid ketika membaca al-quran. Wallahu A’lam Bishawaab.

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.