4 Hukum Nun Mati Dan Tanwin Serta Skema Pembagiannya

Hukum Nun Mati Dan Tanwin & Skemanya

Materi dasar dalam mempelajari ilmu tajwid adalah mempelajari bagaimana bacaan hukum nun mati dan tanwin atau nun sukun dan tanwin yang terdiri dari 4 bagian. Ini adalah materi yang harus sobat kuasai jika ingin belajar ilmu tajwid dasar, jika materi ini sudah dikuasai maka materi-materi tajwid selanjutnya akan lebih mudah untuk difahami.

Hal itu karena materi-materi ilmu tajwid selanjutnya akan sangat berkaitan erat dengan hukum bacaan nun mati dan tanwin ini.

Untuk memudahkan sobat dalam memahami materi dasar ilmu tajwid ini silahkan simak skema hukum nun mati dan tanwin berikut ini :

Skema Lengkap Hukum Nun Mati Dan Tanwin

Skema Hukum Nun Mati Dan Tanwin

Dari skema di atas dapat kita fahami bahwa hukum bacaan tajwid manakala nun mati atau tanwin bertemu dengan huruf hijaiyah maka hukumnya ada 4, yaitu :

1. Izhar yang berarti Jelas contoh : مِنْ هَادٍ

2. Idgham yang berarti memasukan contoh : مِنْ وَالٍ

3. Iqlab yang berarti mengubah contoh : سَمِيْعٌ بَصِيْرٌ

4. Ikhfa yang berarti menutupi contoh : مِنْ ذَهَبٍ

Selanjutnya, dari pembacaan idgham sendiri terbagi atas dua bagian yaitu Idgham Bigunnah dan Idgham Bilagunnah. Idgham Bighunnah adalah idgham yang dibaca dengan dengung sedangkan Idgham Bilaghunnah atau Bighairi Ghunnah ialah idgham yang dibaca tanpa dengung.

Dalam kitab ilmu tajwid, hukum bacaan nun mati dan tanwin yang 4 ini sesuai dengan keterangan dalam bentuk nadhom. Adapun nadhom mengenai pembagian hukum bacaan nun mati dan tanwin tersebut adalah sebagai berikut :

Nadhom hukum nun mati dan tanwin

Demikian penjelasan mengenai pembagian hukum nun mati dan tanwin secara lengkap disertai dengan skema pembagian serta nadhomnya. Wallahu A’lam Bishawaab.

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.