Ini Bahaya Syirik Kecil Atau Riya Bagi Amalan Kita Di Akhirat

Bahaya Syirik Kecil Atau Riya Bagi Amalan

Salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam beramal adalah mengetahui bahaya syirik kecil karena setiap amalan yang kita lakukan di dunia ini harus dilakukan dengan ikhlas, jika tidak maka akan sia-sia lah amalan kita. Sebagai umat muslim yang selalu berharap akan ridho dari Allah SWT kita tentunya tidak ingin amalan yang kita lakukan di dunia ini berlalu sia-sia tanpa bisa kita temukan di akhirat nanti.

Syirik kecil sering kali dilakukan secara tidak sadar bahkan tanpa disengaja karena sebagai manusia yang tidak akan luput dari dosa kita sering kali tidak sadar bahwa amalan yang kita lakukan itu bukan karena Allah SWT akan tetapi karena menginginkan pujian dari manusia, atau karena iri dengan orang lain sehingga kita ikut-ikutan melakukan amalan tersebut.

Ini Bahaya Syirik Kecil Atau Riya Bagi Amalan Kita Di Akhirat

Bahaya Syirik Kecil Atau Riya

Banyak contoh syirik kecil yang berpotensi untuk terjadinya syirik kecil misalnya sedekah di kotak amal mesjid karena supaya dibilang dermawan oleh jamaah mesjid lainnya, ini termasuk syirik asghar atau riya karena amalan yang dilakukannya bukan karena Allah melainkan karena ingin pujian dari manusia.

Baca Juga :   Pengertian Hadits Qudsi Beserta Contohnya

Nabi Muhammad SAW telah memperingatkan akan bahaya syirik kecil ini melalui sabdanya berikut ini:

إِنَّ أَخْوَفَ مَا أَخَافُ عَلَيْكُمُ الشِّرْكَ الأَصْغَرَ ” ، قَالُوا : يَا رَسُولَ اللَّهِ ، وَمَا الشِّرْكُ الأَصْغَرُ ؟ قَالَ : ” الرِّيَاءُ ، يَقُولُ اللَّهُ لَهُمْ يَوْمَ يُجَازِي الْعِبَادَ بِأَعْمَالِهِمُ : اذْهَبُوا عَلَى الَّذِينَ كُنْتُم تُرَاءُونَ فِي الدُّنْيَا ، فَانْظُرُوا هَلْ تَجِدُونَ عِنْدَهُمْ جَزَاءً

Artinya :

Syirik kecil adalah suatu penyakit yang sangat berbahaya bagi kalian, lalu para sahabat bertanya, apakah syirik kecil itu, ya Rasulullah? Jawab beliau : Riya, besok di hari kiamat, Allah menyuruh mereka mencari pahala amalannya, kepada siapa tujuan amal mereka itu, Firmannya: “Carilah manusia yang waktu hidup di dunia , kamu beramal tujuannya hanya untuk dipuji atau disanjung oleh mereka, mintalah pahala kepada mereka itu”.

Hadits di atas diriwayatkan oleh Al-Faqih dengan sanadnya dari Amr Maula Mutallib dari Ashim dan Muhammad Labieb.

Setelah kita mengetahui dari penjelasan disertai dengan dalil akan bahaya syirik kecil atau riya alias tidak ikhlas dalam beramal semoga kita bisa segera introspeksi diri sudah ikhlaskah amalan yang setiap hari kita lakukan, terutama di Bulan Ramadhan yang penuh berkah ini.


Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.