Isi Kandungan Surat Al Kafirun Ayat 1 Sampai 6

Bagaimana Isi Kandungan Surat Al Kafirun ?

Isi Kandungan Surat Al Kafirun | Sebagai umat islam hendaknya kita memahami bahwa dunia ini diisi oleh beragam kepercayaan, kita tidak boleh menafikan ada ajaran lain di luar islam sebagai agama dan keyakinan yang dianut. Keberagaman tersebut hendaknya jangan dibuat runcing sehingga akan menimbulkan masalah horizontal yang lebih luas.

Kita diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW untuk saling menjaga kerukunan antar umat beragama, kita tidak dilarang untuk melakukan muamalah dengan umat penganut agama lain, hanya saja perlu dibatasi bahwa yang boleh kita lakukan hanyalah sebatas kegiatan yang bersifat mu’amalah atau bersangkutan dengan kesejahteraan sosial, ketika apa yang akan dilakukan dengan penganut agama lain adalah bersifat aqidah maka itu tidak diperbolehkan. Hal itu sejaan dengan apa yang ada dalam isi kandungan surat al kafirun ayat 1 sampai 6. Untuk teks lengkap mengenai surat al-kafirun tersebut, silahkan lihat disini: Surat al Kafirun dan Artinya

Isi Kandungan Surat Al Kafirun Ayat 1 Sampai 6

Kandungan Surat Al Kafirun

Hendaknya kita menjunjung tinggi toleransi antar umat beragam hanya saja jangan mencampur adukan aqidah dengan cara melakukan hal-hal yang sifatnya prinsipil. Dahulu, Nabi Muhammad SAW pernah diajakoleh kaum kafirin untuk bertukar melakukan praktik ibadah, Nabi Muhammad diminta untuk menyembah berhala dan kaum kafir akan menyembah tuhan yang disembah oleh Nabi Muhammad SAW.

Baca Juga :   Ayat Quran Tentang Haji

Allah SWT menurunkan surat al-kafirun sebagai jawaban atas usulan yang diberikan oleh kaum kafir kepada Nabi Muhammad SAW, Sontak nabi pun kemudian menolaknya, secara tegas nabi menjawabnya “untukmu agamamu, dan untukkulah, agamaku”. Secara umum, surat al-kafirun adalah sebuah ayat bentuk penegasan bahwa tidak boleh mencampur adukan aqidah ‘ubudiyah dengan agama lain, namun tetap harus menjunjung tinggi nilai-nilai toleransi.

Apa yang ada dalam surat al-kafirun hendaknya menjadi pelajaran bagi kita semua agar selalu memahami dan menjalankan Isi kandungan surat al kafirun tersebut dalam kehidupan sehari-hari, kita tidak dilarang untuk melakukan jual-beli dengan agama lain misalnya, saling tolong-menolong, bergotong royong membangun desa misalnya, dan lain-lain.

Demikian sedikit ulasan mengenai isi kandungan surat al kafirun ayat 1 smpai 6. Semoga kita tergolong umat yang selalu menjunjung tinggi toleransi dan kerukunan antar umat beragama namun tetap berada dalam kolidor yang benar. Waallahu A’lam Bi Shawaab.

Yang dicari:


Tinggalkan Komentar