Izhar Syafawi Dan Contoh Bacaannya Dalam Surah Al Baqarah

Izhar Syafawi Dan Contoh Bacaannya Dalam Surah Al Baqarah

Bagain ke 3 dalam hukum bacaan mim sukun saat bertemu dengan huruf hijaiyah adalah izhar syafawi, pada tulisan ini kita akan belajar bagaimana pengertian hukum bacaan Izhar Syafawi Dan Contoh Bacaannya Dalam Surah Al Baqarah lengkap dengan urutan ayatnya masing-masing, berapa jumlah hurufnya dan bagaimana perbedaan antara izhar halqi dengan izhar syafawi.

Supaya lebih memahami tentang materi hukum bacaan izhar syafawi ini pastikan sobat sudah faham apa itu izhar halqi yang bisa sobat pelajari disini : Pengertian Izhar Halqi Dan Contohnya

Izhar Syafawi Dan Contoh Bacaannya Dalam Surah Al Baqarah

Izhar Syafawi Dan Contoh Bacaannya

lalu, bagaimana penjelasan mengenai Izhar Syafawi Dan Contoh Bacaannya Dalam Surah Al Baqarah tersebut? Silahkan simak tulisan di bawah ini :

Yang dimaksud dengan izhar syafawi sendiri ialah apabila mim sukun bertemu dengan huruf iszhar syafawi yang berjumlah 26 huruf (huruf hijaiyah selain ba (izhar syafawi) dan mim (idgham mitlain)) maka cara membacanya harus dibaca jelas makhraj mim sukunnya.

Contoh Bacaan Izhar Syafawi Dalam Surah Al Baqarah

Berikut ini adalah kumpulan 10 contoh izhar syafawi dalam surat al-baqarah dan urutan ayatnya :

No

Lafadz

Ayat

1

لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Al-Baqarah : 21

2

وَأَنتُمْ تَعْلَمُونَ

Al-Baqarah : 22

3

بِأَسْمَائِهِمْ قَالَ

Al-Baqarah : 33

4

لَّكُمْ إِنِّي

Al-Baqarah : 33

5

بَعْضُكُمْ لِبَعْضٍ

Al-Baqarah : 36

6

وَلَكُمْ فِي الْأَرْضِ

Al-Baqarah : 36

7

يَسُومُونَكُمْ سُوءَ الْعَذَابِ

Al-Baqarah : 49

8

أَبْنَاءَكُمْ وَيَسْتَحْيُونَ

Al-Baqarah : 49

9

رَّبِّكُمْ عَظِيمٌ

Al-Baqarah : 49

10

إِنَّكُمْ ظَلَمْتُمْ

Al-Baqarah : 54

Perlu kita perhatikan apabila mim sukun bertemu dengan huruf fa ( ف ) dam wawu ( و ) sebab mim satu makhraj dengan huruf wawu dan mim berdekatan makhrajnya dengan fa. Maka cara membaccanya harus lebih jelas lagi dari pada huruf izhar syafawi yang lainnya.

Perbedaan Izhar Halqi Dengan Izhar Syafawi

Karena namanya sama-sama izhar, mungkin di antara sobat ada yang bertanya apa perbedaan dari kedua izhar tersebut? izhar halqi adalah salah satu hukum bacaan nun sukun dan tanwin yang bertemu dengan huruf izhar yang 6, sebagaimana telah kita bahas pada tulisan sebelumnya, sedangkan izhar syafawi adalah hukum bacaan mim sukun.

Semoga penjelasan mengenai Izhar Syafawi Dan Contoh Bacaannya Dalam Surah Al Baqarah di atas dapat difahami dengan mudah. Sampai disini pembahasan mengenai hukum bacaan mim sukun bertemu dengan huruf hijaiyah telah selesai. Wallahu A’lam Bishawaab.

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.