12 Jenis Teks Dalam Bahasa Inggris Berikut Penjelasan Singkatnya

Jenis Teks Dalam Bahasa Inggris Berikut Penjelasan Singkatnya

Jenis Teks Dalam Bahasa Inggris | Perlu kita fahami bahwa struktur suatu teks yang satu dengan yang lainnya tentu tidak akan sama, ia memiliki model yang bervariasi dan memiliki tujuan yang berbeda-beda. Pada kesempatan kali ini kita akan mempelajari tentang macam-macam text genre atau jenis-jenis teks yang ada dalam bahasa inggris yang berjumlah 12, berikut dengan pengertiannya masing-masing secara umum.

Baca juga : Contoh Soal conjunction But Dan Pembahasannya

12 Jenis Teks Dalam Bahasa Inggris Berikut Penjelasan Singkatnya

12 Jenis Teks Dalam Bahasa Inggris

Lalu, apa saja jenis-jenis teks dalam bahasa inggris tersebut dan bagaimana penjelasan singkatnya? Simaklah uraiannya berikut ini :

Macam-Macam Jenis Teks Dalam Bahasa Inggris

Berikut ini adalah 12 jenis teks berikut pengertiannya secara umum :

1. Description

Teks Description adalah teks yang menyodorkan banyak informasi tentang sesuatu dengan tujuan untuk menggambarkannya secara gamblang.

2. Report

Teks Report ialah teks yang mengupas suatu hasil pengamatan, penelitian, observasi atau studi tentang sesuatu baik itu benda, binatang, orang atau pun tempat.

3. Explanation

Teks Explanation ialah teks yang bertujuan untuk menerangkan proses sesuatu menjadi ada/terbentuk, atau membahas suatu teori, fenomena, faham, idiologi, definisi dan hal-hal lain yang berkaitan dengan fenomena alam.

4. Exposition

Teks Exposition ialah teks yang bertujuan untuk menyodorkan pendapat/ide penulis akan suatu perkara.

5. Discussion

Teks Discussion ialah teks yang bertujuan untuk menyodorkan dua atau lebih pendapat/pandangan akan sesuatu perkara/permasalahan.

6. Procedure

Teks Procedure ialah teks yang bertujuan untuk memberi petunjuk tentang langkah-langkah atau cara melakukan sesuatu.

7. Review

Teks Review ialah teks yang bertujuan untuk meberi ulasan tentang suatu karya seperti film, buku, pameran dan lain-lain.

8. Narrative

Teks Narrative ialah jenis teks yang berupa cerita atau dongeng yang bertujuan untuk menghibur pembaca.

9. Spoof

Teks spoof ialah jenis teks yang berupa cerita atau dongeng yang bertujuan untuk menghibur pembaca hanya saja ia ditambahkan unsur lucu atau hal yang di luar dugaan. (mirip Narrative)

10. Recount

Teks Recount ialah jenis teks yang isinya melaporkan peristiwa atau kejadian yang menimpa seseorang atau pengalaman seseorang.

11. Anecdote

Pada dasarnya, teks anecdote sama halnya dengan teks recount, hanya saja teks anecdote diakhiri dengan hal-hal lucu atau plesetan.

12. News Item

Teks News Item ialah teks yang isinya memberitakan peristiwa atau kejadian yang dipandang layak untuk diketahui publik atau masyarakat secara umum dan bermuatan berita.

Uraian di atas hanya menjelaskan secara singkat, untuk pembahasan lebih lanjut akan dibahas pada postingan selanjutnya. Demikianlah uraian mengenai jenis teks dalam bahasa inggris dilengkapi dengan pengertiannya masing-masing secara umum.

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.