Kapan Waktu Sholat Tahajud Dilaksanakan? Lihat Disini

Kapan Waktu Sholat Tahajud Dilaksanakan?

Waktu Sholat Tahajud | Sholat Tahajud adalah salah satu sholat yang memilikikeutamaan yang sangat besar bagi siapa saja yang mampu melaksanakannya. Banyak orang yang tahu betapa hebatnya sholat tahajud namun sebagian besar dar mereka belum mampu melaksanakannya.

Tantangan terbesar dalam melaksanakan sholat tahajud adalah waktu pelaksanaannya. Waktu sholat tahajud dilaksanakan pada malam hari setelah sholat isya dan sebelum waktu subuh yang diselingi tidur terlebih dahulu, walaupun tidurnya hanya 10 menit. Banyak diantara kita yang tidak mampu melaksanakan sholat tahajud karena tidak mampu ber”mujahadah” atau berusaha dengan sungguh-sungguh untuk melaksanakannya karena masih kalah dengan rasa kantuk.

Kapan Waktu Sholat Tahajud Dilaksanakan

Waktu Untuk Sholat Tahajud

Waktu Sholat Tahajud

Sebagaimana dijelaskan di atas bahwa secara umum waktu sholat tahajud dilaksanakan di malam hari, dimana ia dilakukan setelah sholat isya dan sebelum datangnya waktu subuh yang diselingi dengan tidur terlebih dahulu. Jadi jika kita melaksanakan sholat tahajud tanpa dielingi tidur terlebih dahulu maka sholat tahajudnya tidaklah sah, meskipun di tengah malam.

Adapun waktu untuk sholat tahajud yang terbaik adalah sepertiga malam terakhir sebagaimna menurut pendapat banyak ulama. Waktu malam berjumlah 12 jam, jika dibagi menjadi tiga maka durasinya adalah kelipatan per 4 jam.

Sepertiga malam pertama

Kita bisa melakukan sholat tahajud di sepertiga malam pertama, waktu ini berkisar antara setelah waktu isya biasanya pukul 19.00 sampai pukul 22.00 atau jam 10.00 malam.

Baca Juga :   Pengertian Puasa Beserta Quran Dan Haditsnya

Sepertiga Malam Kedua

Selanjutnya kita juga bisa melaksanakan sholat tahajud di sepertiga malam kedua, artinya setelah pukul 22.00 sampai pukul 02.00 dini hari. Melaksanakan sholat tahajud di waktu ini mulai terasa sangat berat sehingga kita perlu “mujahadah” atau berusaha dengan sungguh-sungguh untuk melaksanakannya.

Sepertiga Malam Terakhir

Nah ini adalah waktu yang paling utama untuk melaksanakan sholat tahajud. Melaksanakan sholat tahajud tentu godaannya sangat besar, mulai dari rasa kantuk yang sangat berat juga udara dingin yang menyelimuti tentunya akan menambah godaan tersebut menjadi sangat kuat.

Namun, justru itulah salah satu alasannya kenapa orang yang mampu melaksanakan sholat tahajud memiliki kedudukan yang mulia disisi Allah AWT, disaat orang lain terlelap nyenyak dibalik selimutnya yang tebal, ia malah berdoa menghadap Allah SWT sambil ber”kholwat” atau menyendiri sembari berdzikir dan mengagungkan asma Allah.

Mumpung masih diberi umur dan kesempatan, hendaknya setiap kita untuk berusaha sekuat tenaga untuk melaksanakan sholat tahajud demi meraih kemuliaan di sisi Allah SWT. Demikian penjelasan singkat mengenai kapan waktu sholat tahajud dilaksanakan dan kapan waktunya yang paling utama. Waallahu A’lam Bisshawaab.


Tinggalkan Komentar