6 Kewajiban Seorang Muslim Terhadap Sesamanya

Kewajiban Seorang Muslim Terhadap Sesamanya

Ajaran islam adalah ajaran yang selalu membawa kedamaian bagi pemeluknya, jika kita benar-benar komitmen untuk selalu menunaikan setiap ajaran islam maka kerukunan dalam ruang lingkup kehidupan sosial pasti akan terwujud.

Diantara ajaran tersebut adalah yang pernah diriwayatkan oleh al-Faqih dengan sanadnya dari Abu Ayub, beliau berkata : Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda : ada 6 hak dan kewajiban seorang muslim terhadap sesama muslim lainnya. Barangsiapa meninggalkan satu berarti meninggalkan satu hak kewajibannya.

Adapun 6 Kewajiban Seorang Muslim terhadap Sesamanya yang dimaksud tersebut ialah :

1. Ketika diundang maka harus memenuhi undangannya.

2. Ketika sakit maka harus menengoknya.

3. Ketika meninggal dunia maka harus mengantar jenazahnya.

4. Ketika berpapasan maka harus uluk salam (mengucapkan salam).

5. Ketika diminta saran atau nasihat maka berilah menurut kemampuan yang dimiliki.

6. Ketika bersin maka do’akanlah dengan mengucapkan “Yarhamukallah”.

Manusia adalah makhluk sosial dimana yang satu pasti selalu akan membutuhkan yang lainnya. Ajaran di atas tentunya sangat mencerminkan jiwa sosial yang ada dalam diri manusia secara umum, ia tidak terikat hanya dalam ajaran islam saja.

Harus diakui bahwa kehidupan sosial saat ini yang terjadi di masyarakat semakin berkurang terlebih lagi dengan hadirnya teknologi di bidang media sosial. Terkadang orang lebih akrab dengan orang lain yang menjadi teman media sosialnya ketimbang dengan keluarga atau kerabat sendiri.

Baca juga : Hikmah Zakat Menurut Yusuf Qardhawi

Dengan mengetahui 6 Kewajiban Seorang Muslim terhadap Sesamanya diharapkan jadi pengingat bagi kita akan pentingnya menciptakan kehidupan sosial yang sehat dalam setiap aktivitas dalam kehidupan sehari-hari.

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.