Kumpulan Ayat Tentang Fitnah Dalam Al-Quran Dan Terjemahnya

Kumpulan Ayat Tentang Fitnah Dalam Al-Quran Dan Terjemahnya

Kumpulan Ayat Tentang Fitnah | Artikel kali ini akan menuliskan apa saja ayat-ayat dalam Al-Quran yang berkaitan dengan fitnah. Namun perlu sobat ketahui bahwa yang dimaksud fitnah disini adalh sikap orang kafir yang memerangi dan mengusir kaum muslimin dari kota mekkah, jadi bukan fitnah dalam arti memberikan kabar yang tidak benar kepada orang lain.

Baca juga : Ayat Al-Quran Tentang Perintah Menghadap Ka’bah

Berikut ini adalah kumpulan ayat tentang fitnah dalam a-Quran berikut dengan ayat dan terjemahannya :

Ancaman Terhadap Yang Memfitnah Orang Mukmin

Surat al-Buruj ayat 10 :

إِنَّ ٱلَّذِينَ فَتَنُواْ ٱلۡمُؤۡمِنِينَ وَٱلۡمُؤۡمِنَٰتِ ثُمَّ لَمۡ يَتُوبُواْ فَلَهُمۡ عَذَابُ جَهَنَّمَ وَلَهُمۡ عَذَابُ ٱلۡحَرِيقِ 

Ayat Tentang Fitnah 1

Perlu diketahui bahwa yang dimaksud dengan “mendatangkan cobaan” pada ayat di atas ialah seperti menyiksa, mendatangkan bencana, merampok dan sebagainya.

Fitnah Lebih Kejam Daripada Pembunuhan

Surat al-baqarah ayat 191 :

وَٱقۡتُلُوهُمۡ حَيۡثُ ثَقِفۡتُمُوهُمۡ وَأَخۡرِجُوهُم مِّنۡ حَيۡثُ أَخۡرَجُوكُمۡۚ وَٱلۡفِتۡنَةُ أَشَدُّ مِنَ ٱلۡقَتۡلِۚ وَلَا تُقَٰتِلُوهُمۡ عِندَ ٱلۡمَسۡجِدِ ٱلۡحَرَامِ حَتَّىٰ يُقَٰتِلُوكُمۡ فِيهِۖ فَإِن قَٰتَلُوكُمۡ فَٱقۡتُلُوهُمۡۗ كَذَٰلِكَ جَزَآءُ ٱلۡكَٰفِرِينَ

Ayat Tentang Fitnah 2

Surat al-Baqarah ayat 217 :

يَسَۡٔلُونَكَ عَنِ ٱلشَّهۡرِ ٱلۡحَرَامِ قِتَالٖ فِيهِۖ قُلۡ قِتَالٞ فِيهِ كَبِيرٞۚ وَصَدٌّ عَن سَبِيلِ ٱللَّهِ وَكُفۡرُۢ بِهِۦ وَٱلۡمَسۡجِدِ ٱلۡحَرَامِ وَإِخۡرَاجُ أَهۡلِهِۦ مِنۡهُ أَكۡبَرُ عِندَ ٱللَّهِۚ وَٱلۡفِتۡنَةُ أَكۡبَرُ مِنَ ٱلۡقَتۡلِۗ وَلَا يَزَالُونَ يُقَٰتِلُونَكُمۡ حَتَّىٰ يَرُدُّوكُمۡ عَن دِينِكُمۡ إِنِ ٱسۡتَطَٰعُواْۚ وَمَن يَرۡتَدِدۡ مِنكُمۡ عَن دِينِهِۦ فَيَمُتۡ وَهُوَ كَافِرٞ فَأُوْلَٰٓئِكَ حَبِطَتۡ أَعۡمَٰلُهُمۡ فِي ٱلدُّنۡيَا وَٱلۡأٓخِرَةِۖ وَأُوْلَٰٓئِكَ أَصۡحَٰبُ ٱلنَّارِۖ هُمۡ فِيهَا خَٰلِدُونَ 

Ayat Tentang Fitnah 3

Kita pastinya sering mendengar terutama di televisi bahwa banyak publik figure yang sering menggunakan ayat “alfitnatu asyaddu minal qotli” sebagai hujjah bahwa sebuah fitnah lebih kejam dari pada pembunuhan sdangkan yang ia maksud adalah fitnah dalam arti menyebarkan berita palsu.

Dari beberapa uraian berdasarkan ayat di atas perlu ditegaskan lagi bahwa fitnah di sini berarti perilaku penganiayaan dan segala perbuatan yang bertujuan untuk menindas Islam dan kaum muslimin.

Demikian kutipan mengenai kumpulan ayat tentang fitnah dalam al-quran lengkap dengan ayat beserta terjemahannya. Wallahu A’lam Bishawaab.

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.