Mengetahui Lafadz Yang Dinashabkan Menggunakan Kasrah

Lafadz Yang Dinashabkan Menggunakan Kasrah

Nashab Dengan Kasrah – Selanjutnya kita akan bahas mengenai lafadz yang dinashabkan dengan menggunakan kasrah, dimana sebelumnya telah dibahas lafadz yang dinashabkan dengan alif. Baca sebelumnya : Lafadz Yang Dinashabkan Dengan Alif

Perlu diketahui bahwa yang dimaksud kasrah disini adalah kasrah yang menjadi tanda semata, bukan kasrah dalam artian khofadz, karena khofadz juga ditandai dengan kasrah namun tetap beda, yang membedakan antara kasrah yang menjadi tanda nashab dan kasrah yang menjadi tanda khafadz adalah ‘amilnya (yang memerintahkan). Kita bahas nanti pada tulisan selanjutnya.

Kembali ke tema, lafadz yang dinashabkan dengan menggunakan kasrah ialah jamak muannats salim. Apa itu jamak muannats salim ? silahkan baca : Pengertian Jamak Muannats Salim Beserta Contohnya

Contoh :

رَأَيْتُ المُسْلِمَاتِ = Aku telah melihat beberapa orang (perempuan) muslim .

Kata المُسْلِمَاتِ   merupakan bentuk jamak dari bentuk mufrad kata مُسْلِمَةٌ.

Mungkin sebagian teman-teman ada yang bertanya, kenapa ini menjadi nashab ? jawabannya adalah karena kedudukannya menjadi maf’ul. Untuk penjelasan lebih lanjut, nanti akan kita bahas pada tulisan selanjutnya.

Itu saja mengenai lafadz yang dinashabkan dengan menggunakan kasrah, semoga bisa difahami dengan baik dan bermanfaat untuk teman-teman semua.

Baca Juga : Tanda-Tanda Irab Nashob Beserta Dengan Contohnya

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.