Macam Macam Sujud Dan Bacaan Doa Serta Penjelasannya Paling Lengkap

Macam Macam Sujud Dan Penjelasannya Paling Lengkap

Apakah sobat tahu apa saja macam macam sujud dan bagaimana pula doa yang dibacanya serta bagaimana penjelasan dari masing-masing sujud tersebut. Ada beberapa macam sujud selain sujud yang kita lakukan dalam shalat yang menjadi bagian dalam rukun shalat yang berjumlah 18 yang telah dibahas pada artikel sebelumnya.

Artikel kali ini menjelaskan berbagai macam sujud yang perlu kita ketahui sebagai umat islam dimana ia pastinya sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut ini adalah 4 macam macam sujud lengkap dengan doanya serta penjelasannya masing-masing :

Sujud Rukun Dalam Shalat

Sujud ini merupakan sujud yang menjadi bagian dalam rukun shalat sehingga kita diwajibkan melaksanakannya, kalau ditinggalkan maka batal shalatnya. Adapun doa yang disunnahkan dibaca saat sujud rukun dalam shalat ialah :

سُبْحَانَ رَبِّيَ اْلاَعْلَى وَبِحَمْدِهِ

Subhaana Rabbiyal A’laa Wabihamdih (Dibaca 3 x)

Artinya :
Maha Suci Tuhanku Yang Maha Tinggi Dan Dengan Memuji-Nya

Sujud Sahwi

Secara bahasa, arti kata sahwi adalah lupa. Sedangkan yang dimaksud dengan sujud sahwi ialah sujud yang dilakukan karena lupa meninggalkan rukun shalat, menambah rukun atau karena lupa meninggalkan sunnah ab’ad seperti qunut, shalat kepada Nabi dan sebagainya, ini adalah bagian dari macam macam sujud yang kedua.

Hukum dari sujud sahwi ini adalah sunnah sehingga shalatnya tidak akan batal manakala meninggalkannya, namun ia menjadi wajib jika kita menjadi makmum sedangkan imam melakukan sujud sahwi.

Tata cara pelaksanaan sujud sahwi ialah setelah tahiyat akhir sebelum salam dengan dua kali sujud. Adapun bacaan sujud sahwi ialah sebagai berikut :

سُبْحَانَ مَنْ لاَ يَنَامُ وَلاَيَسْهُوْ

Subhaana mal-laa yanaamu wa-laa yashuu

Artinya : “Mahasuci Allah yang tidak pernah tidur dan tidak pernah lupa”

Sujud Tilawah

Sujud tilawah adalah bagaian dari macam macam sujud yang dilakukan ketika sedang membaca atau mendengarkan atau mendengar ayat sajdah yang jumlahnya ada 14 yang terdapat dalam 13 surat, maka disunnahkan untuk melakukan sujud tilawah atau sujud sajdah, dan hukumnya adalah sunnah muakkad atau sunnah yang sangat dianjurkan.

Bacaan sujud tilawah sebagai berikut :

سَجَدَ وَجْهِى لِلَّذِى خَلَقَهُ وَصَوَّرَهُ وَشَقَّ سَمْعَهُ وَبَصَرَهُ تَبَارَكَ اللَّهُ أَحْسَنُ الْخَالِقِينَ“

Sajada wajhi lilladzi kholaqohu, wa showwarohu, wa syaqqo sam’ahu, wa bashorohu. Tabarakallahu ahsanul kholiqiin.”

Artinya:”Wajahku bersujud kepada Penciptanya, yang Membentuknya, yang Membentuk pendengaran dan penglihatannya. Maha Suci Allah Sebaik-baik Pencipta.”

Sujud Syukur

Yang terakhir adalah sujud syukur. Sujud ini dilakukan manakala kita mendapatkan nikmat dari Allah swt serta diselamatkan dari musibah

سُبْحَانَكَ اَللَّهُمَّ اَنْتَ رَبِّي حَقَّا حَقَّا، سَجَدْتُ لَكَ يَارَبِّ تَعَبُّدًا وَرِقًّا. اَللَّهُمَّ اِنَّ عَمَلِي ضَعِيْفٌ فَضَاعِفْ لِي. اَللَّهُمَّ قِنِي عَذَابَكَ يَوْمَ تُبْعَثُ عِبَادُكَ وَتُبْ عَلَيَّ اِنَّكَ اَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيْمُ.”

Subhânakallâhumma Anta Rabbî haq-qan haqqâ, sajadtu laka yâ Rabbî ta-’abbudan wa riqqâ. Allâhumma inna ‘amalî dha’îfun fadha’i lî. Allâhumma qinî ‘adzâbaka yawma tub’atsu ‘ibâduka wa tub ‘alayya innaka Antat tawwâbur Rahîm.”

Artinya:”Maha Suci Engkau. Ya Allah, Engkaulah Tuhaku yang sebenarnya, aku sujud kepada-Mu ya Rabbi sebagai pengabdian dan penghambaan. Ya Allah, sungguh amalku lemah, maka lipat gandakan pahalanya bagiku. Ya Allah, selamatkan aku dari siksa-Mu pada hari hamba-hamba-Mu dibangkitkan, terimalah taubatku, sesunguhnya Engkau Maha Menerima taubat dan Maha Penyayang.”

Sampai disini kiranya kita sudah faham apa saja yang menjadi macam macam sujud yang perlu kita ketahui, lengkap dengan doanya masing-masing serta penjelasannya. Wallahu A’lam Bishawaab.

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.