Mad Wajib Muttasil Beserta Contohnya Dalam Surah Al-Baqarah

Mad Wajib Muttasil Beserta Contohnya

Hukum bacaan ilmu tajwid yang merupakan bagian dari mad far’i selanjutnya adalah mad wajib muttasil, kali ini kita akan belajar bagaimana atau apa yang dimaksud dengan mad wajib ini serta bagaimana contohnya dalam al-quran khususnya dalam surah al-baqarah sudah mudah untuk difahami oleh sobat.

Jangan lupa pelajari juga materi dari pembagian mad far’i sebelumnya yaitu Pengertian Mad Iwad pada artikel sebelumnya.

Baiklah, langsung saja berikut ini adalah pembahasan tentang pengertian mad wajib muttasil lengkap dengan contohnya dalam surah al-baqarah :

Sebagaimana telah dibahas sebelumnya bahwa arti kata مد adalah “panjang” dan متّصل berarti “menempel”, jadi ia berarti bacaan hukum tajwid yang wajib dibaca panjang yang terdapat dalam kalimat yang menempel (1 kalimat).

Sedangkan yang dimaksud mad wajib muttasil berdasarkan tinjauan ilmu tajwid ialah apabila berkumpul huruf mad (ا-و-ي) dalam satu kalimat, atau setelah mad thabi’i kemudian diikuti dengan hamzah setelahnya dalam satu kalimat. Adapun cara membacanya adalah 3 alif atau 6 harakat.

Perlu sobat perhatikan bahwa dinamai mad wajib yang muttasil ini apabila huruf mad dan hamzahnya berkumpul dalam 1 kalimat, jika terdapat pada kalimat yang berbeda maka namanya adalah mad wajib munfasil.

Contoh Dalam Surat Al-Baqarah

Berikut ini kami cantumkan contohnya yang diambil dari surah al-Baqarah sebanyak 6 contoh :

Mad Wajib Muttasil Beserta Contohnya Dalam Surah Al-Baqarah

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian mad wajib muttasil dalam ilmu tajwid beserta contohnya dalam al-Quran surah al-Baqarah. Wallahu A’lam Bishawaab.

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.