Cara Mudah Memahami Subjek Predikat dan Objek Dalam Bahasa Arab

Subjek Predikat dan Objek Dalam Bahasa Arab

Subjek Predikat dan Objek Dalam Bahasa Arab | Sebagai orang Indonesia tentunya kita sudah memahami bgaimana penggunaan bahasa Indonesia itu sendiri. Di dalam struktur susunan kalimat Bahasa Indonesia kita mengenal subjek predikat dan objek, semua bahasa pasti memiliki ketiga struktur tersebut termasuk juga dalam bahasa arab.

Sebelum sobat mempelajari bahasa arab lebih jauh, maka diharapkan untuk memahami dasarnya terlebih dahulu. Memahami susunan subjek predikat dan objek dalam bahasa arab seperti yang dijelaskan di atas akan membantu sobat dalam memahami materi-materi bahasa arab selanjutnya.

Memahami Subjek Predikat dan Objek Dalam Bahasa Arab

Subjek Predikat dan Objek

Bahasa arab sendiri seperti halnya bahasa Indonesia memiliki struktur tersebut hanya saja susunannya berbeda, jika dalam bahasa Indonesia susunannya adalah

Subjek + Predikat + objek

maka dalam bahasa arab adalah :

Predikat + Subjek + Objek

Ket:

Subjek = فاعل

Predikat = فعل

Objek = مفعول

Sehingga susunannya menjadi :

فعل + فاعل + مفعول = Fi’il + Fa’il + Maf’ul

Karena tulisan dalam bahasa arab dimulai dari kanan maka susunannya terbalik. Contoh:

ضَرَبَ زَيْدٌ عَمْرً = Zaid memukul amr

فعل = ضَرَبَ

فاعل = زَيْدٌ

مفعول = عَمْرً

Dari contoh di atas sangat jelas sekali terlihat bagaimana perbedaan susunan subjek predikat dan objek dalam bahasa arab dengan bahasa indonesia. Memahami struktur atau susunan kaliamt seperti ini penting untuk difahami bagi sobat yang baru memulai mempelajari bahasa arab karena bagaimnapun kaidahnya jika tidak memahami susunan dasarnya maka akan sulit untuk memahami kaidah-kaidah ilmu nahwu selanjutnya.

Bagi sobat yang ingin mempelajari materi ilmu nahwu bahasa arab, disini sudah dijelaskan secara lengkap dan terperinci bagaimana kaidah-kaidah dalam ilmu nahwu tersebut mulai dari bab kalam sampai bab mahmudzotil asma atau kumpulan isim yang di-jar-kan.

Materi bahasa arab tersebut bisa sobat temukan melalui kategori ARAB yang terdapat pada bilah bagian atas, jika sobat merasa kesulitan dengan materi atau kaidah ilmu nahwu yang hendak dicari maka langsung saja cari lewat menu pencarian di smping.

Demikian pembahasan mengenai susunan subjek predikat dan objek dalam bahasa arab sebagai perbandingan dengan bahasa indonesia supaya lebih mudah untk difahami. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.