5 Nabi Yang Bergelar Ulul Azmi Beserta Kisah Singkat dan Kitab Sucinya

5 Nabi Yang Bergelar Ulul Azmi Teladan Kita

Nabi yang bergelar ulul azmi adalah simbol kesabaran dan ketabahan dalam mengemban tugas dari Allah SWT untuk mengajarkan tauhid kepada umatnya. Seyogyanya kita harus meneladani apa yang telah mereka contohkan dalam mengemban sebuah amanah, dimana kesabaran dan ketabahan dalam menghadapi ujian adalah kunci untuk meraih kesuksesan, apa pun itu bentuknya.

5 Nabi Yang Bergelar Ulul Azmi Beserta Kisah Singkat dan Kitab Sucinya

5 Nabi Yang Bergelar Ulul Azmi

Ketabahan dan kesabaran yang telah dilalui oleh Nabi yang bergelar ulul azmi ini diabadikan oleh Allah SWT Al-quran. Adapun ayat tentang Ulul Azmi tersebut dalam surat al-Ahqaf ayat 35 sebagai berikut :

فَاصْبِرْ كَمَا صَبَرَ أُولُو الْعَزْمِ مِنَ الرُّسُلِ وَلا تَسْتَعْجِلْ لَهُمْ كَأَنَّهُمْ يَوْمَ يَرَوْنَ مَا يُوعَدُونَ لَمْ يَلْبَثُوا إِلا سَاعَةً مِنْ نَهَارٍ بَلاغٌ فَهَلْ يُهْلَكُ إِلا الْقَوْمُ الْفَاسِقُونَ (٣٥)

35. Maka bersabarlah kamu seperti orang-orang yang mempunyai keteguhan hati dari Rasul-rasul telah bersabar dan janganlah kamu meminta disegerakan (azab) bagi mereka. pada hari mereka melihat azab yang diancamkan kepada mereka (merasa) seolah-olah tidak tinggal (di dunia) melainkan sesaat pada siang hari. (inilah) suatu pelajaran yang cukup, Maka tidak dibinasakan melainkan kaum yang fasik.

Adapun 5 kelompok nabi yang bergelar ulul azmi tersebut adalah sebagai berikut :

Nabi Muhammad = kitab Al-Quran

Nabi Muhammada adalah nabi dan rosul terakhir yang wajib kita imani, tidak ada lagi nabi atau pun rosul setelah Nabi Muhammad SAW. Keteladanan Nabi Muhammad tidak hanya diakui oleh umat islam tetapi juga diakui oleh non muslim, ada beberapa ayat tentang akhlak Nabi Muhammad yang diabadikan dalam beberapa surat.

Baca Juga :   Amalan Malam Nisfu Syaban Dan Tata Caranya

Nabi Ibrahim

Nabi Ibrahim termasuk salah satu nabi dan rosul Ulul Azmi hanya saja Nabi Ibrahin tidak menerima kitab suci seperti nabi-nabi ulul azmi lainnya. Nabi Ibrahim sangat tegar ketika menghadapi kaumnya yang menyembah patung, disamping itu ia juga bisa menghadapi kekejaman raja namrud.

Nabi Musa As = Kitab Taurat

Selanjutnya, nabi yang bergelar Ulul Azmi adalah Nabi Musa. Ia menerima kitab taurat sebagai petunjuk bagi umatnya. Kesabaran dan ketabahan Nabi Musa AS diuji saat menghadapi kekejaman Raja Fir’aun.

Nabi Isa As = Kitab Injil

Demikian juga dengan Nabi Isa, ia selalu menjadi sasaran kemarahan kerajaan romawi karena dianggap membahayakan mereka. Oleh karenanya, pemerintahan romawi saat itu memerintahkan pasukannya untuk menangkap Nabi Isa lalu membunuhnya, untung saja ia diselamatkan oleh Allah SWT dengan cara diangkat ke langit.

Nabi Nuh As

Kesabaran Nabi Nuh dalam mengajak umatnya untuk beriman kepada Allah SWT benar-benar luar biasa, meskipun banyak mendapat tantangan dari kaumnya Nabi nuh tetap konsisten dalam menyerukan kalimat-kalimat Allah. Ia berdakwah hampir 900 tahun lamanya namun tetap saja hanya sedikit kaumnya yang mau beriman.

Demikianlah 5 kelompok nabi yang bergelar ulul azmi disertai dengan ayat quran serta cerita singkatnya. Waallahu A’lam Bishawaab.

Yang dicari:


Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.