Niat Dan Doa Memakai Siwak Serta Khasiat dan Keutamaan Bersiwak

Niat Dan Doa Memakai Siwak Serta Khasiat Bersiwak

Salah satu sunnah yang dianjurkan oleh Rosul ketika hendak melakukan shalat adalah siwak. lalu, bagaimana Niat Dan Doa Memakai Siwak Serta apa saja khasiat dan Keutamaan jika kita membiasakan bersiwak setiap hari? Siwak adalah aktivitas untuk membersihkan gigi dengan menggunakan pohon siwak atau kayu arok dimana caranya adalah mirip dengan saat kita menggosok gigi. Sebelumnya kita sudah membahas bagaimana doa masuk dan keluar kamar mandi lengkap pada postingan yang lalu.

Dengan kemajuan teknologi seperti saat ini, sebenarnya kita bisa bersiwak menggunakan media lain misalnya dengan gosok gigi, asalkan kita berniat untuk siwak maka gosok gigi pun bisa dikatakan mengikuti sunnah rasul yaitu bersiwak, maka boleh mengganti siwak dengan sikat dan pasta gigi.

Berikut ini adalah teks bacaan niat dan doa memakai siwak dalam tulisan arab dan latin serta artinya lengkap, kemudian juga dijelaskan bagaimana khasiat dan keutamaan bersiwak secara terperinci.

Niat Siwak

نَوَيْتُ الإِسْتِيَاكَ سُنَّةً لِلّهِ تَعَالى

Nawaitul istiyaaka sunnatan lillahi ta’aalaa

Niat saya melakukan sunnah siwak karena Allah ta’ala.

Doa Memakai Siwak

اَللَّهُمَّ بَيِّضْ بِهِ أَسْنَانِيْ وَشُدَّ بِهِ لِثَّتِيْ وَثَبِّتْ بِهِ لَهَاتِي وَأَفْصِحْ بِهِ لِسَانِيْ وَبَارِكْ لِيْ فِيْهِ وَأَثِبْنِيْ عَلَيْهِ يَآ أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Allahumma Bayyidl Bihi Asnaanii Wa;Syudda Bihi Litstsatii Wa;Tsabbit Bihi Lahaatii Wa;Afshih Bihi Lisaanii Wabaarik Lii Fiihi Wa;Atsbitnii ‘Alaihi Yaa Arhamarroohimiin

“Ya Allah putihkan gigiku dan kuatkan gusiku, serta kuatkan lahatku (daging yang tumbuh di atas langit-langit mulut) dan fasihkan lidahku dengan siwak itu serta berkatilah siwak tersebut dan berilah pahala aku karenanya, wahai Dzat paling mengasihi diantara para pengasih”.

Khasiat Bersiwak

  1. Dapat membersihkan mulut
  2. Dapat memutihkan gigi
  3. Dapat mengharumkan mulut
  4. Dapat menguatkan gusi
  5. Dapat membersihkan tenggorokan
  6. Dapat menambah kefasihan dalam berbicara
  7. Dapat menambah kecerdasan
  8. Dapat menghilangkan basah-basah di mulut ketika akan mati
  9. Dapat mempertajam penglihatan
  10. Dapat menegakan punggung
  11. Dapat melipat gandakan pahala
  12. Mendapatkan Ridho Allah swt
  13. Ditakuti musuh
  14. Dijauhkan dari syetan
  15. Membantu mengingatkan membaca syahadat di saat ajal tiba

Keutamaan Siwak Menurut Hadits Rasul saw

Siwak merupakan satu amalan yang sangat dianjurkan oleh Nabi Muhammad saw berdasarkan hadits-haditsnya diantaranya sebagai berikut :

لَوْلاَ أَنْ أَشُقَّ عَلَى أُمَّتِي لأَمَرْتُهُمْ بِالسِّوَاكِ عِنْدَ كُلِّ صَلاَةٍ

“Jika aku tidak takut memberatkan umatku niscaya aku perintahkan mereka memakai siwak setiap kali akan melaksanakan sholat. (Hadits Riwayat Imam Bukhori dan muslim)

رَكْعَتَانِ بِسِوَاكٍ خَيْرٌ مِنْ سَبْعِيْنَ رَكْعَةً بِغَيْرِ سِوَاك” ( رواه أبو نعيم والدرقطني)

“Dua rakaat dilaksanakan dengan memakai siwak lebih baik dari 70 rakaat tanpa siwak. (Hadits Riwayat Imam Abu Nairn dan Ad Daruqutni)

السِّوَاكُ مُطَهَّرَةٌ لِلْفَمِ مَرْضَاةٌ لِلرَّبِّ وَمَجْلاَةٌ لِلْبَصَرِ

“Memakai siwak itu mengharumkan mulut, membuat rela Allah kepada kita dan membuat terang mata. (Hadits Riwayat Imam Ahmad dan An Nasai)

Dengan beberapa hadits di atas kiranya sudah sangat jelas dan gamblang bagaimana keutamaan siwak sehingga ia sangat disunnahkan atau dianjurkan oleh Nabi Muhammad saw. Jangan lupa juga pelajari bagaimana doa masuk dan keluar masjid arab dan latin supaya mendapatkan keutamaan saat masuk masjid.

Demikian pembahasan lengkap mengenai bagaimana Niat Dan Doa Memakai Siwak Serta bagaimana Khasiat dan Keutamaan Bersiwak bagi kita sebagai umat muslim. Wallahu a’lam bishawaab.

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.