Pengertian dan Niat Shalat Rawatib Berikut Keutamaan dan Jumlah Seluruh Rakaatnya

Niat Shalat Rawatib Dan Jumlah Seluruh Rakaatnya

Salah satu shalat sunnah muakkad adalah Shalat sunnah rawatib dimana shalat ini dilakukan sebelum (qobliyah) dan sesudah (ba’diyah) shalat fardu. Artikel ini akan membahas berapa jumlah seluruh rakaat dalam sholat sunnah rawatib dan bagaimana bacaan niat shalat rawatib sehingga kita bisa mengamalkannya dengan baik. Kemudian juga akan dibahas bagaimana keutamaan shalat rawatib berdasarkan hadits Nabi Muhammad saw.

Sebagaimana pada pembahasan sebelumnya bahwa yang dimaksud dengan shalat rawatib ialah shalat sunnah yang dilaksanakan sebelum dan sesudah shalat fardu yang lima waktu. Adapun jumlah shalat rawatib yang dipaparkan disini diambil dari kitab fiqh Riyadlul Badi’ah karya Syekh Abu Suja’ Al-Asfahani, dimana jumlahnya ada 17 rakaat dengan perincian sebagai berikut :

  1. 2 rakaat sebelum shalat subuh (Qobliyah).
  2. 4 rakaat sebelum shalat zhuhur kemudian 2 rakaat sesudah shalat zhuhur.
  3. 4 rakaat sebelum shalat ashar dan tidak ada setelah shalat ashar (ba’diyah).
  4. 2 rakaat sesudah shalat magrib.
  5. 3 rakaat setelah isya.

Niat Shalat Rawatib

Pada dasarnya, niat untuk melaksanakan shalat rawatib itu sama, yang membedakannya adalah sebelum (قَبْلِيَّةً) atau sesudah (بَعْدِيَّةً) dan waktu pelaksanaannya, jika waktu dzuhur menggunakan kata الظُهْرِ atau kalau ashar menggunakan kata العَصْرِ. Silahkan sobat sesuaikan niat tersebut sesuai dengan waktu pelaksanaannya.

Adapun niat shalat rawatib tersebut ialah sebagai berikut :

اُصَلِّى سُنَّةَ الصُّبْحِ رَكْعَتَيْنِ قَبْلِيَّةً مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى اللهُ اَكْبَرْ

Usholli Sunnatash-Shubhi Rok’ataini Qobliyyatan Mustaqbilal Qiblati Lillaahi Ta’aala Allahu Akbar

Artinya :
Aku niat melakukan shalat sunat sebelum subuh 2 rakaat, sambil menghadap qiblat karena Allah ta’ala

Keutamaan Shalat Rawatib

Salah satu keutamaan shalat sunnah rawatib adalah berdasarkan hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim sebagai berikut :

عن عائشة رضي الله عنها عن النبي صلى الله عليه وسلم قال رَكْعَتَا الْفَجْرِ خَيْرٌ مِنَ الدُّنْيَا وَمَا فِيْهَا (رواه مسلم)

‘An ‘a’isyata R.A. ‘anin nabiyyi saw qaala: rak’atal fajri khoirun mina dunya wa ma fiihaa.

Dari ‘Aisyah R.A. bahwa Nabi saw telah bersabda : dua rakaat fajat (shala sunnah sebelum subuh) itu lebih baik dari pada dunia dan seisinya (HR. Muslim)

Demikian pembahasan mengenai Pengertian shalat rawatib dan bagaimana bacaan Niat Shalat Rawatib Berikut Jumlah Seluruh Rakaatnya, semoga kita selalu diberikan taufiq dan hidayah untuk selalu mengamalkannya. Amiiin.

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.