Pengertian Dan Niat Tayammum Serta Syarat Dan Doanya Juga Hal Yang Membatalkannya

Pengertian Dan Niat Tayammum Serta Syarat Dan Doa-Doanya Lengkap

Bagaimana pengertian dan niat tayammum sebagai pengganti wudhu ? Tulisan ini akan membahas secara lengkat apa itu pengertian tayammum menurut bahasa dan istilah secara lengkap. Disamping itu juga akan dibahas bagaimana dasar hukum melakukan tayammum, dilanjukan dengan niat dan syarat tayammum, juga bagaimana doa tayammum dan diakhiri dengan apa saja yang bisa membatalkan tayammu.

Pemahaman mengenai tayammum ini perlu kita kuasai karena terkadang dalam kondisi tertentu dengan berbagai alasa syari’at kita tidak bisa berwudu, maka solusinya adalah dengan bertayammum.

berikut ini adalah rincian lengkap bagaimana pengertian dan niat tayammum serta syarat dan doa dan yang terakhir adalah hal-hal yang membatalkan tayammum.

Pengertian Tayammum

Secara bahasa, tayammum berarti القصد atau menyengaja menuju sesuatu, sedangkan menurut istilah  Tayammum adalah membersihkan hadas dengan cara mengusap wajah dan dua tangan sampai siku dengan menggunakan debu atau tanah yang suci. Tayamumm ini dilakukan sebagai pengganti wudhu dimana kita dalam kondisi di perjalanan yang tidak memungkinkan untuk berwudhu misalnya dalam keadaan di padang pasir atau di dalam pesawat dan kereta api.

Dasar Hukum Tayammum

Adapun dasar hukum dilaksanakannya tayammum ada pada surat Al-Maidah ayat 6 sebagai berikut :

وَإِن كُنتُم مَّرۡضَىٰٓ أَوۡ عَلَىٰ سَفَرٍ أَوۡ جَآءَ أَحَدٞ مِّنكُم مِّنَ ٱلۡغَآئِطِ أَوۡ لَٰمَسۡتُمُ ٱلنِّسَآءَ فَلَمۡ تَجِدُواْ مَآءٗ فَتَيَمَّمُواْ صَعِيدٗا طَيِّبٗا فَٱمۡسَحُواْ بِوُجُوهِكُمۡ وَأَيۡدِيكُم مِّنۡهُۚ مَا يُرِيدُ ٱللَّهُ لِيَجۡعَلَ عَلَيۡكُم مِّنۡ حَرَجٖ وَلَٰكِن يُرِيدُ لِيُطَهِّرَكُمۡ وَلِيُتِمَّ نِعۡمَتَهُۥ عَلَيۡكُمۡ لَعَلَّكُمۡ تَشۡكُرُونَ ٦

6. dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan, lalu kamu tidak memperoleh air, Maka bertayammumlah dengan tanah yang baik (bersih); sapulah mukamu dan tanganmu dengan tanah itu. Allah tidak hendak menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu, supaya kamu bersyukur.

Niat Tayammum

نَوَيْتُ التَّيَمُّمَ لِاِسْتِبَاحَةِ الصَّلاَةِ فَرْضً ِللهِ تَعَالَى

Nawaitut Tayammuma Li-Istibahatis Sholaati Fardhal Lillaahi Ta’aalaa

Artinya: “Sengaja aku bertayamum untuk melakukan sholat, fardhu karena Allah Ta’ala”

Syarat-syarat Tayammum

Tayammum dilakukan tentunya tidak sembarangan, ada syarat-syarat yang harus terpenuhi agar kita boleh mengganti wudhu dengan tayammum. Adapun syarat-syarat tayammum adalah sebagai berikut :

1. Berhalangan menggunakan air dengan kondisi tidak menemukan air, ada dampak negatif ketika menggunakan air, air dibutuhkan untuk kebutuhan lain yang mendesak misalnya untuk hewan yang butuh minum.

2. Dilakukan setelah masuk waktu shalat.

3. Telah berusaha mencari air ketika masuk waktu shalat kecuali bagi yang tayammum karena sakit, maka ia boleh tayammum walau ada air.

4. Menggunakan debu kering yang suci dan menyucikan.

Doa Setelah Tayammum

أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ، وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، وَ أَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ، اَللَّهُمَّ اجْعَلْنِي مِنَ التَّوَّابِيْنَ، وَاجْعَلْنِي مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ وَاجْعَلْنِي مِنْ عِبَادِكَ الصَّالِحِيْنَ سُبْحَانَكَ اَللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ، أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ، أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ

Asyhadu alla ilaaha illalloh, wahdahu laa syariika lah, wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhu wa rosuuluh, allohummaj ‘alniy minat tawwaabiina, waj ‘alniy minal mutathohhiriina waj ‘alniy min ‘ibaadakash shoolihiin, subhaanakallohumma wa bihamdika, asyhadu alla ilaaha illa anta, asytaghfiruka wa atuubu ilaik.

Artinya: Aku bersaksi tiada tuhan selain Allah semata yang tiada sekutu bagi-Nya. Dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya. Ya Allah, jadikanlah aku sebagai orang-orang yang bertaubat, jadikanlah aku sebagai orang-orang yang bersuci, dan jadikanlah aku sebagai hamba-hamba-Mu yang saleh. Mahasuci Engkau, ya Allah. Dengan kebaikan-Mu, aku bersaksi bahwa tiada tuhan selain Engkau. Dan dengan kebaikan-Mu, aku memohon ampunan dan bertaubat pada-Mu.

Yang Membatalkan Tayammum

Sebagaimana telah disebutkan di atas bahwa Tayammum adalah pengganti wudhu, maka hal-hal yang membatalkan wudhu juga adalah hal yang membatalkan tayammum.

Sampai sini kiranya sudah jelas bagaimana Pengertian Dan Niat Tayammum dalam tulisan arab dan latin serta terjemahnya, Serta apa saja Syarat Dan Doa-Doanya Lengkap dengan hal yang membatalkan tayammum di akhir. Wallahu A’lam Bishawaab.

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.