Pengertian Ghunnah Dan Musyaddad Beserta Contohnya

Pengertian Ghunnah Dan Musyaddad Beserta Contohnya

Pengertian Ghunnah Dan Musyaddad | Masih berkaitan dengan ilmu tajwid, Artikel kali ini menejelaskan tentang apa yang dimaksud dengan ghunnah dan musyaddad, kemudian bagaimana cara dan ukuran membacanya, dan apa saja hurufnya dari masing-masing ghunnah dan musyaddad tersebut. Tidak lupa pula dilengkapi dengan contoh-contohnya masing-masing dalam surat al-Baqarah.

Al-quran adalah kitab suci yang tidak bisa sembarangan dibaca, ia harus disertai dengan ilmu tajwid sehingga hukum mempelajari ilmu tajwid dan mengamalkannya adalah fardu bag umat muslim.

Pengertian Ghunnah Dan Musyaddad Beserta Contohnya

Ghunnah Dan Musyaddad Beserta Contohnya

Berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai pengertian ghunnah dan musyaddad menurut tinjauan ilmu tajwid :

Pengertian Ghunnah

Apakah yang dimaksud dengan pengertian ghunnah itu ?

Secara bahasa, ghunnah berarti suara yang keluar dari batang hidung. Adapun definisi ghunnah menurut istilah ilmu tajwid ialah suara yang menetap pada ucapan nun dan mim dan membacanya disertai dengan dengungan yang baik.

Adapun huruf ghunnah hanya ada 2 yaitu nun dan mim, maka apabila ada huruf ghunnah yang bertasydid maka membacanya harus diserati dengan ghunnah atau dengungan.

Contoh :

مِنَ الجِنَّةِ و النَّاسِ

إِنَّ – أَنَّ – وَلَكِنَّ

Untuk ukuran pembacaan ghunnah sendiri yaitu 2 harakat, jika dikira-kira maka 1 harakat itu berarti 1 kali lama waktu menggenggamkan jari-jari atau melepaskannya.

Pengertian Musyaddad / Ghair Ghunnah

Selanjutnya ada hukum bacaan musyaddad (bertasydid), huruf musyaddad ini jumlahnya ada 26 (semua huruf hijaiyah selain nun dan mim). Maka, apabila ada huruf hijaiyah yang bertasydid selain nun man mim maka cara membacanya harus menetap tanpa disertai dengan dengungan.

Contoh :

لِّلۡمُتَّقِينَ
َيَمُدُّهُمۡ
رَبَّكُمُ
تَتَّقُونَ

Sebagaimana telah kita ketahui bahwa hukum mempelajari ilmu tajwid tentunya sebuah keharusan bagi seorang muslim karena ini adalah ilmu untuk membaca al-Quran dengan benar.

Apa yang dipaparkan di atas mengenai pengertian ghunnah dan musyaddad semoga bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat untuk sobat pembaca. Wallahu A’lam Bishawaab.

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.