Pengertian Hukum Islam dan Tujuan Ditegakannya Hukum Islam

Pengertian Hukum Islam Tujuan Hukum Islam

Tulisan kali ini akan membahas tentang bagaimana pengertian hukum islam dimana hal ini sangat erat kaitannya dengan ilmu fiqih, selain itu juga akan kita bahas bagaimana tujuan dilaksanakannya hukum islam dan apa yang menjadi dasar-dasar dalam hukum islam.

Sebagai umat islam, kita tentunya harus tahu bagaimana tinjauan hukum islam terhadap setiap apa yang kita lakukan sehingga setiap perbuatan yang kita lakukan tidak melanggar syari’at.

Pengertian Hukum Islam

Adapun yang dimaksud dengan hukum islam (syari’at) islam ialah segala peraturan agama yang di tetapkan oleh Allah untuk umat islam, baik yang bersumber dari al-quran maupun dari sunnah Rasulullah SAW yang berupa perkataan, perbuatan atau pun takrir (penetapan / pengakuan).

Segala sesuatu yang menjadi penetapan dalam tinjauan hukum islam hanya berlaku pada seseorang yang berstatus Mukallaf.

Tujuan Hukum Islam

Hukum islam ditegakkan tentunya tidak hanya pepesan kosong, ia memiliki tujuan yang sangat mulia demi terciptanya kebahagiaan, kedamaian, keadilan dan kemaslahatan hidup bagi seluruh umat manusia di dunia ini.

Apa jadinya jika segala aktivitas umat manusia di dunia ini tanpa aturan atau hukum yang berlaku, ia pastinya hanya akan menjadi serendah-rendahnya derajat manusia.

Allah berfirman yang termaktub dalam surat al-A’raf ayat 179 yang berbunyi:

وَلَقَدۡ ذَرَأۡنَا لِجَهَنَّمَ كَثِيرٗا مِّنَ ٱلۡجِنِّ وَٱلۡإِنسِۖ لَهُمۡ قُلُوبٞ لَّا يَفۡقَهُونَ بِهَا وَلَهُمۡ أَعۡيُنٞ لَّا يُبۡصِرُونَ بِهَا وَلَهُمۡ ءَاذَانٞ لَّا يَسۡمَعُونَ بِهَآۚ أُوْلَٰٓئِكَ كَٱلۡأَنۡعَٰمِ بَلۡ هُمۡ أَضَلُّۚ أُوْلَٰٓئِكَ هُمُ ٱلۡغَٰفِلُونَ ١٧٩

179. Dan sesungguhnya Kami jadikan untuk (isi neraka Jahannam) kebanyakan dari jin dan manusia, mereka mempunyai hati, tetapi tidak dipergunakannya untuk memahami (ayat-ayat Allah) dan mereka mempunyai mata (tetapi) tidak dipergunakannya untuk melihat (tanda-tanda kekuasaan Allah), dan mereka mempunyai telinga (tetapi) tidak dipergunakannya untuk mendengar (ayat-ayat Allah). Mereka itu sebagai binatang ternak, bahkan mereka lebih sesat lagi. Mereka itulah orang-orang yang lalai.

Dari sedikit pemaparan di atas semoga bisa membantu sobat dalam menjawab bagaimana pengertian hukum islam dan apa tujuan diberlakukannya hukum islam itu sendiri. Waallahu A’lam Bisshawaab.

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.