Pengertian Ilmu Tajwid Menurut Ahli Qira’ah Dan Contohnya

Pengertian Ilmu Tajwid Menurut Para Ahli Dan Contohnya

Pengertian ilmu tajwid baik secara bahasa atau lughowi juga istilah menurut pandangan ilmu qira’ah akan menjadi tema tulisan kita kali ini, dimana ia adalah ilmu utama bagaimana cara membaca al-quran dengan baik dan benar. Juga akan dibahas apa dasar hukum atau dalil dalam mempelajari ilmu tajwid, lalu apa tujuan atau fungsi mempelajari dan keutamaannya ilmu tajwid dan bagaimana contohnya.

 Secara bahasa, تجويد berarti “memperindah” sedangkan pengertian ilmu tajwid menurut istilah ahli qira’ah ilmu tajwid berarti memberi setiap huruf hak-haknya dan hukum-hukum baru yang timbul setelah hak-hak huruf berupa makhraj atau tempat keluar huruf, sifat huruf, ghunnah atau dengung, tarqiq atau tipis, tafkhim atau tebal, danlain-lainnya yang termasuk dalam hukum-hukum ilmu tajwid.

Pengertian Ilmu Tajwid Menurut Ahli Qira'ah Dan Contohnya

Pengertian Ilmu Tajwid Dan Contohnya

Al-quran sendiri terdiri dari 144 surat dengan 6236 ayat yang terdiri dari 30 juz. Untuk daftar nama-nama surat dan urutannya bisa sobat lihat disini : Nama-nama Surat Dalam Al Quran Dan Jumlah Ayatnya

Dalil Mempelajari Ilmu Tajwid

Sebagai sebuah ilmu yang harus dipelajari, ilmu tajwid sendiri memiliki dasar hukum atau dalil yang melandasinya, adapaun dalil dalam mempelajari ilmu tajwid ada pada surat al muzammil ayat 4 sebagai berikut :

وَرَتِّلِ الْقُرْآنَ تَرْتِيلا (٤)

4. dan bacalah Al Quran itu dengan perlahan-lahan.

Selain itu juga mempelajari ilmu tajwid disandarkan pada metode Qira’ah yang telah diajarkan oleh Rasulullah, juga para sahabat dan tabi’in secara mutawattir (urut dan bersambung).

Tujuan Mempelajari Ilmu Tajwid

Sebagaimana pengertian al-quran yang sudah dibahas pada artikel terhadulu bahwa al-Quran merupakan sumber hukum dalam islam berupa petunjuk bagi kemaslahatan umat manusia di dunia, dan manakala kita membacanya maka kita akan mendapat pahala.

Dengan fakta tersebut jelas bahwa tujuan mempelajari ilmu tajwid adalah untuk memperoleh kemenangan berupa kebahagiaan baik di dunai maupun di akhirat, dan mempelajari bagaimana pengertian ilmu tajwid adalah langkah awal untuk memahaminya.

Keutamaan Mempelajari Ilmu Tajwid

Dengan mempelajari ilmu tajwid maka kita bisa mengetahui bagaimana cara membaca lafadz-lafadz dalam al-quran dengan baik sehingga Ilmu tajwid menjadi salah satu ilmu yang paling mulia dan sangat utama, mengapa demikina karena ia langsung berhubungan dengan kitab yang memiliki kemuliaan dan keutamaan yang sangat luar biasa yaitu Al-Quran.

Contoh Bacaan Tajwid

Materi dasar dalam mempelajari ilmu tajwid adalah memahami hukum pembacaan nun sukun dna tanwin, berikut ini adalah contoh-contohnya :

Izhar :       مَنْ عِلْمٍ        Nun mati bertemu ع

Idgham :  مَنْ يَقُولُ       Nun mati bertemu ي

Iqlab :        أَنْبِئْهُمْ          Nun mati bertemu ب

Ikhfa :        أَنْصَدُّوكُمْ     Nun mati bertemu ص

Untuk contoh-contohnya yang lebih lengkap akan ditulisan pada postingan-postingan selanjutnya.

Dari penjelasan di atas kiranya sudah sangat jelas dan gamblang bagaimana pengertian ilmu tajwid, dan bagaimana pula dalil, tujuan dan keutamaan mempelajarinya. Wallahu A’lam Bishawaab.

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.