Pengertian Infaq Menurut Para Ahli Dilengkapi Dengan Dalil Al-Quran

Pengertian Infaq Dilengkapi Dengan Dalil Al-Quran

Pengertian Infaq | Mungkin kita sering mendengar kata atau istilah infaq dalam kehidupan sehari-hari, namun apakah sobat sudah tahu bagaimana pengertian infaq tersebut baik secara bahasa (etimologi) atau istilah (terminologi).

Pengertian Infaq Menurut Para Ahli Dilengkapi Dengan Dalil Al-Quran

Pengertian Infaq Menurut Para Ahli

Kali ini kita akan membahas mengenai bagaimana pengertian infaq menurut para ahli dan juga menurut undang-undang dasar negara. Di samping itu juga akan dilengkapi dengan dasar penggunaan kata infaq berdasarkan al-Quran.

Ayat yang berkaitan dengan kosakata infaq tersebut termaktub ddalam al-quran sebagaimana firman Allah swt dalam surat Al-Isra ayat 100 sebagai berikut :

قُل لَّوۡ أَنتُمۡ تَمۡلِكُونَ خَزَآئِنَ رَحۡمَةِ رَبِّيٓ إِذٗا لَّأَمۡسَكۡتُمۡ خَشۡيَةَ ٱلۡإِنفَاقِۚ وَكَانَ ٱلۡإِنسَٰنُ قَتُورٗا

100. Katakanlah: “Kalau seandainya kamu menguasai perbendaharaan-perbendaharaan rahmat Tuhanku, niscaya perbendaharaan itu kamu tahan, karena takut membelanjakannya”. Dan adalah manusia itu sangat kikir

Pengertian

Secara bahasa, kata infaq merupakan derivasi dari kata nafaqa yang artinya telah lewat, berlalu, habis mengeluarkan isi dan menghabiskan miliknya.

Adapun pengertian infaq secara terminologi (istilah) ialah memberikan sebagian harta kepada pihak lain tanpa adanya unsur komersial. Jenis pemberian secara cuma-cuma tersebut juga bisa dikatakan sebagai pemberian nafkah.

Adapun yang dimaksud dengan pengertian infaq berdasarkan beberapa ahli bisa sobat lihat berikut ini :

M. Zaidi Abdada, infaq adalah sesuatu yang diberikan oleh seseorang guna memenuhi kebutuhan orang lain baik dalam bentuk makanan, minuman dan lain-lain atas dasar ikhlas karena allah swt.

Cholid Fadlullah, infaq ialah mendermakan atau memberikan rezeki (karunia Allah) atau menafkahkan sesuatu kepada orang lain berdasarkan rasa ikhlas karena Allah swt semata.

Undang-undang zakat (UU nomor 23 tahun 2011), infaq ialah harta yang dikeluarkan oleh seseorang atau badan usaha di luar zakat untuk kemaslahatan umum.

Elsi Kartika Sari, infaq ialah perbuatan atas sesuatu yang diberikan oleh seseorang untuk memenuhi kebutuhan orang lain, baik berupa makanan, minuman dan sebaginya, juga mendermakan atau memberikan sesuatu kepada orang lain berdasarkan rasa ikhlas karena allah swt semata.

Ahmad Hasan Ridwan, yang dimaksud dengan infaq ialah mengeluarkan harta tertentu untuk dipergunakan bagi suatu kepentingan yang diperintahkan oleh Allah swt. di luar zakat.

Dari beberapa pengertoan di atas kiranya kita sudah bisa memahami bagaimana pengertian infaq baik menurut segi bahasa maupun istilah sebagaimana dipaparkan oleh para ahli.

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.