Pengertian Mad Arid Lissukun Dan Contohnya Dalam Surat Al-Baqarah

Pengertian Mad Arid Lissukun Dan Contohnya

Pengertian Mad Arid Lissukun | Mad Arid Lissukun adalah bagian dari mad far’i yang ke 14, dimana pada artikel ini kita akan berbicara tentang bagaimana pengertiannya, berapa harakat panjangb acaannya dan bagaimana contoh-contohnya khususnya yang terdapat dalam surat al-baqarah. Sebelumnya kiat sudah belajar salah satu bagian dari mad far’i juga yaitu hukum bacaan mad iwad lengkap dengan contohnya.

Untuk memahami hukum bacaan mad ari dlissukun ini, sobat harus mengerti terlebih dahulu bagaimana pengertian mad asli atau mad thabi’i yang telah dibahas pada penjelasan sebelumnya.

Pengertian Mad Arid Lissukun Dan Contohnya Dalam Surat Al-Baqarah

Mad Arid Lissukun Dan Contohnya

Berikut ini adalah pejelasan lengkap mengenai pengertian mad arid lissukun beserta contohnya :

Yang dimaksud dengan mad arid lissukun ialah hukum bacaan dalam ilmu tajwid yang terjadi apabila ada hukum mad asli (ا-و-ي) atau disebut juga mad thabi’i kemudian diikuti oleh huruf dengan harakat sukun yang sukunnya disebabakan karena waqaf, jadi pada dasarnya huruf tersebut memiliki harakat namun karena dibaca waqaf maka ia disukunkan.

Adapun panjang bacaan bacaan mad arid lissukun ini boleh tiga cara yaitu 2 harakat, 4 harakat atau 6 harakat.

Contoh Mad Arid Lissukun

Berikut ini adalah 10 contoh mad arid lissukun yang terdapatg dalam surat al-Baqarah yang diambil dari ayat 1 sampai 25 :

يُنفِقُونَ

يَشۡعُرُونَ

يُوقِنُونَ

يَعۡمَهُونَ

ٱلۡمُفۡلِحُونَ

مُهۡتَدِينَ

يُؤۡمِنُونَ

يُبۡصِرُونَ

بِمُؤۡمِنِينَ

يَرۡجِعُونَ

 

Demikian penjelasan lengkap mengenai Pengertian Mad Arid Lissukun dilengkapi dengan Contoh kalimatnya yang terdapat Dalam Surat Al-Baqarah. Wallahu A’lam Bishawaab.

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.