Pengertian Mad Farq dan Contohnya Dalam Al-Quran

Pengertian Mad Farq dan Contohnya Dalam Al-Quran

Artikel kali ini akan menjelaskan mengenai pengertian mad farq dan bagaimana panjang hukum bacaan mad tersebut, dan dimana sajakah contoh dari mad farq ini mencakut nama surat dan ayatnya. Mad farq ini adalah masih dalam pembahasan mad far’i yang berjumlah 15, dimana penjelasannya sudah dibahas pada tulisan sebelumnya.

Sobat juga bisa mempelajari salah satu hukum mad far’i sebelumnya yaitu tentang mad silah pada pembahasan disini : Mad Silah Qasirah Dan Thowilah Dalam Ilmu Tajwid

Pengertian Mad Farq dan Contohnya Dalam Al-Quran

Mad Farq dan Contohnya

Berikut ini adalah penjelasan mengenai pengertian mad farq dan contohnya dalam al-Quran :

Adapun pengertian dari hukum bacaan farq ini adalah mad yang terjadi yang disebabkan karena bertemunya mad badal dengan huruf yang bertasydid, hukum bacaan mad badal sendiri telah kita bahas sebelumnya. Untuk cara membacanya bacaan pada mad ini adalah 6 harakat.

Khusus untuk mad farq ini, kita tidak perlu bingung bagaimana contohnya dalam al-quran karena ia hanya terjadi pada 4 tempat saja dalam seluruh ayat al-Quran, yaitu :

ءَآلذَّكَرَيۡنِ

Al-An’am : 143 & 144

ءَآللَّهُ

Yunus : 59

ءَآللَّهُ

An Naml : 59

Di dalam al-Quran hanya 4 contoh di ataslah yang termasuk ke dalam hukum bacaan mad farq sehingga kita tidak perlu bingung lagi mencarinya bagaimana contoh bacaannya.

Demikinalah penjelasan hukum bacaan ilmu tajwid mengenai pengertian mad badal lengkap dengan contohnya dalam al-Quran. Wallahu A’lam Bishawaab.

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.