Pengertian Mad Iwad Menurut Bahasa Dan Istilah Dalam Ilmu Tajwid

Pengertian Mad Iwad Menurut Bahasa Dan Istilah

Pengertian Mad Iwad | Selanjutnya, bagian ke 3 dari macam-macam mad far’i adalah mad iwad ( مد عوض ). Pada tulisan ini sobat akan belajar mengenai bagaimana pengertian serta contoh-contohnya mad iwad dalam al-quran supaya bisa lebih mudah untuk memahaminya.

Sebelum mempelajari materi ini, pastikan sobat sudahmemahami bagian mad far’i sebelumnya yang bisa sobat baca disini : Pengertian Mad Tamkin Dan Contohnya Dalam Al-Quran

Pengertian Mad Iwad Menurut Bahasa Dan Istilah Dalam Ilmu Tajwid

Mad Iwad dan Contohnya

Untuk penjelasan mengenai pengertian hukum mad iwad tersebut menurut pandangan ilmu tajwid, berikut ini adalah penjelasannya :

Secara bahasa, arti mad adalah “panjang” dan iwad adalah “pengganti”, jadi hukum bacaan ini dibaca panjang sebagai pengganti, adapun yang digantinya adalah tanwin.

Adapun yang dimaksud mad iwad dalam ilmu tajwid ialah hukum bacaan apabila ada tanwin fatah (fathatain) dibaca waqaf atau berhenti pada akhir kalimat, baik berhenti karena ada tanda waqaf dalam bacaan al-quran atau karena kehabisan nafas. Untuk hukum bacaan mad iwad ini dibaca 1 alif atau 2 harakat.

Perlu sobat ketahui bahwa terjadinya hukum bacaan mad iwad ini adalah ketika dibaca waqaf, apabila kalimat tersebut dibaca washal (diteruskan) maka menjadi hukum bacaan nun mati dan tanwin sebagaimana telah kita bahas sebelumnya.

Contoh Mad Iwad Surat Al-Baqarah

No

Lafadz

Surat

1

بِهَٰذَا مَثَلًا ۘ

Al-Baqarah : 26

2

اثْنَتَا عَشْرَةَ عَيْنًا

Al-Baqarah : 60

3

أَتَتَّخِذُنَا هُزُوًا ۖ

Al-Baqarah : 67

4

بَشِيرًا وَنَذِيرًا ۖ

Al-Baqarah : 119

5

لِلنَّاسِ إِمَامًا ۖ

Al-Baqarah : 124

Demikianlah materi tentang pengertian mad iwad dan 5 contohnya dalam surat al-baqarah. Wallahu A’lam Bishawaab.

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.