Pengertian Mad Jaiz Munfasil Dan Contohnya Dalam Surah Al-Baqarah

Pengertian Mad Jaiz Munfasil Dan Contohnya Dalam Ilmu Tajwid

Pengertian Mad Jaiz Munfasil | Masih dalam pembahasan tentang bagian dari mad far’i, dimana kali ini kita akan belajar tentang apa itu mad jaiz munfasil, bagaimana kondisi lafadz yang bisa disebut mad jaiz dan bagaimana pula contohnya dalam al-Quran. Materi ini merupakan kelanjutan dari bab sebelumnya yaitu hukum bacaan mad wajib muttasil yang telah kita bahan pada tulisan terdahulu.

Pastikan sobat sudah memahami bagaimana pengertian mad dalam ilmu tajwid serta apa saja bagian-bagiannya.

Pengertian Mad Jaiz Munfasil Dan Contohnya Dalam Surah Al-Baqarah

Mad Jaiz Munfasil Dan Contohnya

Hukum bacaan mad ini sebenarnya hampir sama dengan mad wajib, hanya ada sedikit perbedaan saja. Berikut ini adalah penjelasannya :

Adapun yang dimaksud dengan pengertian mad jaiz munfasil ialah hukum bacaan dalam ilmu ketika ada huruf mad dimana setelahnya diikuti huruf hamzah dan berada pada kalimat yang berbeda, jadi huruf mad posisinya di akhir kalimat dan huruf hamzah posisinya di awal kalimat, itulah yang di maksud mad jaiz munfasil. Arti kata منفصل sendiri adalah terpisah, dan ini yang perlu digaris bawahi, terpisah antara huruf mad dengan hamzahnya.

Jadi, mad jaiz ini adalah kebalikan dari mad wajib. Jika mad wajib antara huruf mad dan hamzahnya menyatu sedangkan mad jaiz terpisah.

Contoh Mad Jaiz Munfasil

Berikut ini adalah 6 contoh mad jaiz munfasil dalam aurtah al-Baqarah :

Pengertian Mad Jaiz Munfasil Dan Contohnya Dalam Ilmu Tajwid

Dengan pemaparan di atas kiranya sudah sangat jelas bagaimana pengertian mad jaiz munfasil dalam ilmu tajwin, dan bagaimana pula contohnya dalam al-Quran surat al-Baqarah beserta ayatnya. Wallahu A’lam Bishawaab.

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.