Pengertian Mad lain Dan Contohnya Dalam Al-Quran

Pengertian Mad lain dan Contohnya Dalam Al-Quran

Pengertian Mad lain | Bagian pertama dari macam-macam mad far’i dalam ilmu tajwid ialah mad lain atau layyin. Pada artikel ini kita akan belajar apa yang dimaksud dengan mad lain dan apa saja hurufnya serta bagaimana contohnya dalam al-Quran khususnya pada surat al-Baqarah.

Sebelum mempelajari lebih lanjut mengenai materi ini, pastikan sobat sudah memahami apa pengertian mad dan apa saja pembagiannya yang bisa sobat pelajari disini : Hukum Mad Dan Pembagiannya Dalam Ilmu Tajwid

Pengertian Mad lain Dan Contohnya Dalam Al-Quran

Pengertian Mad lain Dan Contohnya

Adapun pengertian mad lain menurut tinjauan ilmu tajwid adalah sebagai berikut :

Secara bahasan arti kata لَينْ adalah lembut, maka mad lain berarti mad yang dibaca lembut. Adapun menurut istilah tajwid ialah apabila ada wawu ( و ) dan ya ( ي ) sukun yang didahului oleh harakat fatah maka apabila huruf wawu cara membacanya harus ditarik ke harakat dhammah dan apabila huruf ya harus ditarik ke harakat kasrah dan panjangnya dua harkat, dimana 1 harakat kira-kira 1 kali ukuran lama waktu menggenggamkan jari-jari.

Contoh :

بَيْعٌ = dibaca Bai’un

خَوْفٌ = dibaca Khoufun

Perlu sobat perhatikan bahwa adanya hukum bacaan mad lain pada huruf wawu dan ya sukun tersebut apabila kalimatnya diwaqafkan atau berhenti, jika tidak diwaqafkan maka tidak akan terjadi mad lain.

Dari penjelasan di atas nampaklah bagaimana pengertian mad lain serta huruf dan contohnya. Wallahu A’lam Bishawaab.

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.