Pengertian Mad Tamkin Dan Contohnya Dalam Al-Quran

Pengertian Mad Tamkin Dan Contohnya Dalam Al-Quran

Pengertian Mad Tamkin | Tulisan kali ini merupakan kelanjutan dari pembagian mad far’i yang berjumlah 15, yaitu membahas tentang apa itu mad tamkin. Di antara sobat pembaca yang baru belajar ilmu tajwid mungkin masih merasa asing dengan jenis mad yang satu ini, hal itu karena hukum bacaan mad tamkin sangat jarang kita temukan pada ayat suci al-quran, lain halnya dengan hukum bacaan tajwid lainnya.

Sebelum mempelajari lebih lanjut, pastikan sobat sudah memahami hukum bacaan sebelumnya yaitu mad lain yang bisa sobat pelajari disini : Pengertian Mad lain Dan Contohnya Dalam Al-Quran

Pengertian Mad Tamkin Dan Contohnya Dalam Al-Quran

Mad Tamkin Dan Contohnya

Baiklah, langsung saja kita bahas bagaimana pengertian mad tamkin dan bagaimana contohnya dalam al-quran :

Adapun pengertian hukum bacaan mad tamkin adalah apabila terdapat 2 huruf ya ( ي ) dalam kondisi huruf yang pertama berharakat dan bertasydid dan huruf yang ke 2 berharakat sukun maka ia dihukumi mad tamkin, untuk panjang bacaannya adalah 1 alif atau 2 harakat.

Contoh Mad Tamkin

Supaya lebih mudah difahami, berikut ini adalah 5 contoh mad tamkin dalam al-Quran surat al-Baqarah, An Nisa, Al Imran dan Al Muthaffifin.

No

Lafad

Surat

1

النَّبِيِّينَ

Al-Baqarah : 61

2

حُيِّيتُم

An Nisa : 86

3

وَالْأُمِّيِّينَ

Al Imran : 20

4

وَالنَّبِيِّينَ

Al Baqarah : 177

5

عِلِّيِّينَ

Al Mutaffifin : 18

Mungkin hanya itulah pembahasan mengenai pengertian mad tamkin dan 5 contohnya dalam al-Quran yang diambil dari beberapa surat. Wallahu A’lam bishawaab.

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.