Pengertian Mad Thobi’i Dan 30 Contoh Mad Thobi’i Dalam Surah Al Baqarah

Pengertian Mad Thobi’i Dan 30 Contoh Mad Thobi’i Surah Al Baqarah

Pengertian Mad Thobi’i | Mad thobi’i atau mad asli adalah dasar dari semua bacaan hukum mad dalam ilmu tajwid. Pada artikel kali ini kita akan mempelajari apa itu mad thobi’i atau mad asli, apa saja huruf-hurufnya dan bagaimana pula contohnya dalam surat al-Baqarah. Perlu sobat ketahui bahwa mad asli berada di tengah-tengah bacaan, jika ia diwaqafkan maka hukumnya berubah menjadi mad arid lissukun atau mad yang terjadi karena dibaca waqaf.

Baiklah langsung saja, berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai pengertian mad thobi’i atau mad asli dalam ilmu tajwid berikut dengan huruf dan 30 contohnya dalam surat al-Baqarah :

Pengertian Mad Thobi'i Dan 30 Contoh Mad Thobi'i Dalam Surah Al Baqarah

Pengertian Mad Thobi’i Dan 30 Contohnya

Adapun pengertian mad thhobi’i ialah bacaan mad atau bacaan yang harus dibaca panjang yang terjadi pada asal huruf tersebut, bukan karena alasan atau sebab lain milsanya karena waqaf, dan karena tabi’at pada asal huruf tersebutlah kenapa ia dinamakan mad thobi’i. Jika bacaan mad tersebut bukan karena asalah hurufnya alias karena ada alasan lain maka ia disebut mad far’i. Macam-macam hukum bacaan mad far’i bisa sobat lihat disini : Macam-macam Mad Far’i

Huruf mad Thobi’i

Untuk mengidentifikasi bacaan mad asli atau mad thobi’i dalam al-quran, ia memiliki huruf mad yang berjumlah 3 huruf, dimana rinciannya sebagai berikut :

1. Alif sukun ( ا – َ  ) yang didahului dengan huruf berharakat fatah.

2. Wawu sukun ( و – ُ  ) yang didahului dengan huruf berharakat dhammah.

3. Ya sukun ( ي – ِ  ) yang didahului huruf berharakat kasrah.

Cara Membaca Mad Thobi’i

Sebagaimana namanya, mad berarti huruf yang dibaca panjang. Cara membaca mad thobi’i ini adalah 1 alif atau 2 harakat. Adapun ukuran panjang 1 harakat tersebut sama hal seperti menggenggam jari atau melepaskannya.

Contoh Mad Thobi’i Alif Wawu Ya

Alif

Wawu

Ya

ٱلۡكِتَٰبُ

يُؤۡمِنُونَ

ٱلَّذِينَ

لَا

يُقِيمُونَ

يُقِيمُونَ

رَزَقۡنَٰهُمۡ

كَفَرُواْ

فِي

أَبۡصَٰرِهِمۡ

قُلُوبِهِمۡ

أَلِيمُۢ

عَذَابٌ

يَقُولُ

قِيلَ

وَمَا هُم

ٱلۡمُفۡسِدُونَ

فِيهِ

يُخَٰدِعُونَ

ءَامَنُواْ

مُحِيطُ

ءَامَنُواْ

يَخۡدَعُونَ

فِيهَآ

فَزَادَهُمُ

قُلُوبِهِم

كَثِيرٗا

كَانُواْ

تُفۡسِدُواْ

مِيثَٰقِهِ

Sekedar mengingatkan kembali bahwa terjadinya hukum bacaan mad thobi’i atau mad asli ialah karena asal huruf tersebut harus dibaca mad, bukan karena ia diwaqafkan. Adapun contoh di atas, yang huruf madnya berada di akhir kalimat, bukan berarti ia diwaqafkan akan tetapi itu hanya contoh saja karena pada praktiknya kalimat-kalimat di atas dibaca ditengah-tengah bacaan.

Demikian pembahasan mengenai pengertian mad thobi’i atau mad asli berikut dengan 2 contohnya yang diambil dari surah al Baqarah yang terdiri atas huruf alif, wawu dan ya. Wallahu A’lam Bishawaab.

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.