Pengertian Marketplace dan Jenis-Jenisnya

Pengertian Marketplace

Pengertian Marketplace ialah tempat bertemu penjual dan pembeli secara online dimana situs penyedia (marketplace) bertindak sebagai pihak ketiga yang mempertemukan kedua belah pihak (penjual+pembeli) tersebut. Secara sederhana, ia sama haknya dengan department storenya versi online.

Transaksi perdagangan yang dilakukan secara online kian hari kian meningkat dewasa ini. Selama lima tahun terakhir ini aktivitas transaksi secara online menjadi pilihan terutama bagi para milenial yang menginginkan gaya berbelanja yang simple tanpa membuang-buang waktu.

Indonesia sendiri memiliki beberapa marketplace setarap unicorn yang menguasai pasar perdagangan secara online seperti Bukalapak, Tokopedia, Shopee. Ini tentunya bisa menjadi peluang bagi anda yang memiliki produk untuk dijual namun terkendala dengan pembuatan toko online karena dengan menjual barang di marketplace anda tidak akan dipungut biaya sedikitpun kecuali beriklan disana.

Sebelum hadir di Indonesia, ada beberapa marketplace besar yang menguasai pasar online dunia, yakni amazon, Ebay dan Alibaba.

Jenis-Jenis Marketplace

Secara umum, marketplace yang ada di Indonesia sendiri terbagi atas 2 bagian, yakni marketplace murni dan konsinyasi. Berikut ini adalah penjelasannya :

  • Marketplace Murni

Yang dimaksud dengan marketplace murni ialah jenis marketplace yang hanya menyediakan lapak untuk berjualan dan fasilitas pembayaran, diluar itu semua transaksi dilalkukan langsung oleh penjual dan pembeli. Penjual diberikan tanggung jawab dan kendali penuh atas semua produk yang dijualnya, ia wajib membuat foto produk sendiri dan deskripsi sendiri. Selain itu penjual juga dapat menerima penawaran harga dari pembeli, istilahnya ada proses tawar-menawar antara penjual dan pembeli, setelah terjadi kesepakan harga barulah terjadi transaksi.

 Beberapa jenis marketplace murni di Indonesia sendiri yaitu : Bukalapak, Tokopedia, BliBli, Elevenia dan Blanja. Sedangkan contoh marketplace yang berasal dari luar negeri dan populer di Indonesia adalah Lazada (Singapura), Shopee (Singapura),  Amazon (Amerika Serikat), Rakuten (Jepang) dan JD.ID (Tiongkok).

  • Marketplace Konsinyasi

Sedangkan marketpalce konsinyasi ialah kebalikan dari murni, dimana pihak penjual melakukan kerjasama konsinyasi dengan situs marketplace, istilah sederhananya ialah “titip barang” ke marketplace. Jadi, pihak penjual hanya menyerahkan informasi mengenai produknya ke marketplace kemudian pihak marketplace yang akan menjual barang tersebut. Di Indonesia sendiri jenis marketplace konsinyasi contohnya seperti Zalora dan Berrybenka.

Demikianlah sekilas penjelasan mengenai pengertian Marketplace secara umum berikut dengan jenis-jenisnya yang ada di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.