Pengertian Pernikahan Dalam Islam Beserta Dalilnya

Salah satu yang menjadi sunnah rasul adalah menikah. Pada tulisan kali ini kita akan membahas mengenai bagaimana pengertian pernikahan dalam islam serta apa saja yang menjadi dalil yang menganjurkan seseorang untuk menikah.

Setiap kita hendaknya menikahi wanita yang baik menurut tuntunan ajaran agama islam yang bisa diajak untuk selalu bertaqwa kepada Allah swt. Islam mensyari’atkan pernikahan tentunya dengan tujuan untuk kemaslahatan umat manusia.

Pengertian Pernikahan Dalam Islam

Adapun yang dimaksud dengan pengertian atau ta’rif pernikahan dalam islam ialah akad yang menghalalkan pergaulan dan membatasi hak dan kewajiban serta tolong-menolong antara seorang laki-laki dan seorang perempuan yang bukan mahram. Dari pengertian tersebut sangat jelas bahwa nikah adalah menyatukan dua insan yang saling mencintai menurut tuntunan ajaran agam islam.

Pernikahan itu sendiri bisa dibilang sebagai asas pokok hidup yang paling utama dalam hubungan sosial, ia tidak hanya menyatukan dua keturunan akan tetapi juga melahirkan keturunan yang baik dengan sanad keturunan yang jelas.

Disamping itu, ia juga merupakan jalan untuk saling memperkenalkan antara sat kaum dengan kaum yang lainnya sehingga dengan perkenalan tersebut bisa saling mengenal dan tolong menolong antara satu sama lain.

Dalil Nikah

Adapun perintah menikah terdapat dalam al-Quran surat An-Nisa Ayat 3 sebagai berikut :

وَإِنۡ خِفۡتُمۡ أَلَّا تُقۡسِطُواْ فِي ٱلۡيَتَٰمَىٰ فَٱنكِحُواْ مَا طَابَ لَكُم مِّنَ ٱلنِّسَآءِ مَثۡنَىٰ وَثُلَٰثَ وَرُبَٰعَۖ فَإِنۡ خِفۡتُمۡ أَلَّا تَعۡدِلُواْ فَوَٰحِدَةً أَوۡ مَا مَلَكَتۡ أَيۡمَٰنُكُمۡۚ ذَٰلِكَ أَدۡنَىٰٓ أَلَّا تَعُولُواْ ٣

3. Dan jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil terhadap (hak-hak) perempuan yang yatim (bilamana kamu mengawininya), maka kawinilah wanita-wanita (lain) yang kamu senangi: dua, tiga atau empat. Kemudian jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil, maka (kawinilah) seorang saja, atau budak-budak yang kamu miliki. Yang demikian itu adalah lebih dekat kepada tidak berbuat aniaya

 Adapun untuk ayat-ayat dalam al-quran yang berkaitan dengan pernikahan secara lengkap bisa sobat lihat disini : Ayat Tentang Pernikahan Dalam Al-Quran

Dalam memilih pasangan hendaknya kita merujuk pada Hadits Tentang Menikahi Wanita Karena 4 Perkara yang telah dibahas pada tulisan sebelumnya.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian pernikahan dalam islam berikut dengan dalil al-Qurannya secara jelas. Wallahu a’lam bishawaab.

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.