Pengertian Shalat Istikharah, Niat, Tata Cara, Bacaan Doa Dan Waktu Pengerjaannya

Pengertian Shalat Istikharah, Niat, Tata Cara Dan Waktu Pengerjaannya Lengkap

Salat Istikharah dalm bahasa arab ditulis صلاة الاستخارة adalah salah satu dari macam-macam shalat sunnah yang kita kerjakan untuk meminta sebuah petunjuk kepada Allah ketika kita berada di antara beberapa pilihan yan berbeda dan merasa ragu-ragu untuk memilih mana yang terbaik bagi kita saat akan memutuskan sesuatu hal. Cakupan masalah dalam shalat ini tidaklah dibatasi, Seseorang bisa shalat istikharah untuk berbagai hal misalnya menentukan di mana akan kuliah, siapa seseorang yang paling cocok untuk dijadikan jodoh atau model usaha apa yang lebih baik dipilih. Dengan meminta pertolongan melalui shalat istikharah, maka dengan izin Allah suat saat kita akan diberi kemantapan hati dalam memilih sesuatu tersebut.

Shalat istikharah sendiri merupakan doa juga upaya memohon kita kepada ALlah swt agar diberi pilihan terbaik  dalam suatu perkara yang memang kita diberikan pilihan antara memilih yang satu atau yang lainnya, atau antara melakukan atau tidak. Rasulullah dalam sebuah hadits riwayat Jabir Ibn Abdillah ra bersabda:

اذا هم أحد كم بالأمر فليركع ركعتين ثم ليقل: أللهم… (رواه البخاري)

Jika diantara kalian hendak melakukan perkara/urusan, maka rukuklah (shalatlah) dua rakaat : kemudian berdoa…(HR. Bukhori)

Niat Shalat Istikharah

Untuk melaksanakan shalat istikharah, sobat cukup dengan niat sebgai berikut :

أُصَلِّيْ سُنَّةَ الاِسْتِخَارَةِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى

Ushollii sunnatal istikhooroti rok’ataini lillaahi ta’aalaa

Artinya: Aku niat shalat sunnah istikharah dua raka’at karena Allah Ta’ala

Tata Cara Shalat Istikharah

Salat istikharah bisa dikerjakan paling sedikit dua rakaat atau sampai dua belas rakaat (enam salam). Adapun bacaan suratnya adalah Selepas membaca Surat Al-Fatihah pada rakaat yang pertama, diutamakan membaca Surah Al-Kafiruun 1 kali, kemudian selepas membaca Al-Fatihah pada rakaat yang kedua, diutamakan membaca Surah Al-Ikhlas 1 kali. Namun hal tersebut bukan berarti tidak boleh membaca surat-surat yan lain, untuk surah yang lain tetap kita diperbolehkan untuk membacanya setelah membaca surah Al-Fatihah, baik pada rokaat pertama dan kedua.

Waktu Pengerjaan Shalat Istikharah

Shalat istikharah boleh dilakukan kapa saja baik sing hari maupun malam hari, hanya saja lebih baik di malam hari karena supaya bisa lebih khusu’, yang penting bukan pada waktu yang dilarang untuk melaksanakan shalat seperti yang sudah dibahas pada tulisan sebelumnya.

Doa Shalat Istikharah

Bacaan Teks Arab

اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْتَخِيْرُكَ بِعِلْمِكَ، وَأَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ، وَأَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ، فَإِنَّكَ تَقْدِرُ وَلاَ أَقْدِرُ، وَتَعْلَمُ وَلاَ أَعْلَمُ، وَأَنْتَ عَلاَّمُ الْغُيُوْبِ. اَللَّهُمَّ إِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا اْلأَمْرَ -وَيُسَمَّى حَاجَتَهُ- خَيْرٌ لِيْ فِيْ دِيْنِيْ وَمَعَاشِيْ وَعَاقِبَةِ أَمْرِيْ فَاقْدُرْهُ لِيْ وَيَسِّرْهُ لِيْ ثُمَّ بَارِكْ لِيْ فِيْهِ، وَإِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا اْلأَمْرَ شَرٌّ لِيْ فِيْ دِيْنِيْ وَمَعَاشِيْ وَعَاقِبَةِ أَمْرِيْ فَاصْرِفْهُ عَنِّيْ وَاصْرِفْنِيْ عَنْهُ وَاقْدُرْ لِيَ الْخَيْرَ حَيْثُ كَانَ ثُمَّ أَرْضِنِيْ بِهِ

Bacaan Teks Latin

Alloohumma innii astakhiiruka bi’ilmika wa astaqdiruka biqudrotik, wa as-aluka min fadhlikal adhiim, fa innaka taqdiru wa laa aqdiru wa ta’lamu wa laa a’lamu wa anta ‘alaamul ghuyuub. Alloohumma in kunta ta’lamu anna haadzal amro khoirun lii fii diinii wa ma’aasyii wa ‘aaqibati amrii faqdurhu lii wayassirhu lii tsumma baariklii fiih. Wa in kunta ta’lamu anna haadzal amro syarrun lii fii diinii wa ma’aasyii wa ‘aaqibati amrii fashrifhu ‘annii washrifnii ‘anhu waqdur lil khoiro haitsu kaana tsumma ardlinii.

Terjemah

“Ya Allah, sesungguhnya aku meminta pilihan yang tepat kepadaMu dengan ilmu pengetahuanMu dan aku mohon kekuasaanMu (untuk mengatasi persoalanku) dengan kemahakuasaanMu. Aku mohon kepadaMu sesuatu dari anugerahMu Yang Maha Agung, sesungguhnya Engkau Mahakuasa, sedang aku tidak kuasa, Engkau mengetahui, sedang aku tidak mengetahuinya dan Engkau adalah Maha Mengetahui hal yang ghaib. Ya Allah, apabila Engkau mengetahui bahwa urusan ini (orang yang mempunyai hajat hendaknya menyebut persoalannya) lebih baik dalam agamaku, dan akibatnya terhadap diriku sukseskanlah untuk ku, mudahkan jalannya, kemudian berilah berkah. Akan tetapi apabila Engkau mengetahui bahwa persoalan ini lebih berbahaya bagiku dalam agama, perekonomian dan akibatnya kepada diriku, maka singkirkan persoalan tersebut, dan jauhkan aku daripadanya, takdirkan kebaikan untuk ku di mana saja kebaikan itu berada, kemudian berilah kerelaanMu kepadaku.”

Demikian tulisan mengenai pembahasan Pengertian Shalat Istikharah beserta Niat dan Tata Caranya dilengkapi dengan Bacaan Doa setelah shalatnya serta waktu pengerjaan shalat yang paling utama.

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.