Pengertian Shalat Secara Etimologi Terminologi Menurut Para Ahli

Pengertian Shalat Secara Etimologi Terminologi

Bagaimana Pengertian Shalat Secara Etimologi Terminologi ? artikel ini akan menjawab pertanyaan tersebut, baik itu sholat wajib ataupun sholat sunat, kemudian akan dijelaskan juga tinjauan dalilnya atau dasar hukum syara’nya kenapa kita harus menjalankan sholat.

Secara Etimologi

Secara etimologi atau secara bahasa, yang dinamakan sholat ialah الدعاء yang berarti “berdo’a” maka setiap kali kita berdo’a itulah yang dinamakan dengan sholat secara bahasa.

Secara Terminologi

Adapun pengertian shalat secara terminologi atau menurut istilah ialah :

أَقوالٌ و أَفعالٌ مُفْتَتَحَةٌ بِالتَّكْبِيرِ و مُخْتَتَمَةٌ بِالتَّسْلِيمِ

Adalah perkataan-perkataan dan perbuatan-perbuatan yang dimulai dengan takbir (takbiratul ihram) dan diakhiri dengan salam.

Berdasarkan pengertian di atas bahwasannya yang dimaksud dengan shalat ialah segala perkataan dan perbuatan yang dimulai dengan bacaan takbir “Allahu Akbar” dan diakhiri dengan bacaan salam “Assalamu’alaikum”.

Jadi itulah kenapa setiap kali kita solat pertama kali yang diucapkan adalah kalimat takbir kemudian kita akhiri dengan bacaan salam ketika tahiyat akhir.

Dalil Hukum Syara’

Diwajibkannya shalat bagi yang mukallaf tentunya tidaklah dilakukan dengan sembarangan, ia memiliki dalil atau dasar hukum yang pasti kenapa shalat itu wajib dilaksanakan. Allah berfirmatyang dimuat dalam surat al-Ankabut ayat 45 dan surat al-Baqarah ayat 43 yang berbunyi :

اتْلُ مَا أُوحِيَ إِلَيْكَ مِنَ الْكِتَابِ وَأَقِمِ الصَّلَاةَۖ إِنَّ الصَّلَاةَ تَنْهَىٰ عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنكَرِۗ وَلَذِكْرُ اللَّهِ أَكْبَرُۗ وَاللَّهُ يَعْلَمُ مَا تَصْنَعُونَ (٤٥)

45. Recite, [O Muhammad], what has been revealed to you of the Book and establish prayer. Indeed, prayer prohibits immorality and wrongdoing, and the remembrance of Allah is greater. And Allah knows that which you do.

45. Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al Kitab (Al Quran) dan dirikanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah (shalat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadat-ibadat yang lain). Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.

وَأَقِيمُوا الصَّلَاةَ وَآتُوا الزَّكَاةَ وَارْكَعُوا مَعَ الرَّاكِعِينَ (٤٣)

43. And establish prayer and give zakah and bow with those who bow [in worship and obedience].

43. Dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan ruku’lah beserta orang-orang yang ruku’.

Dengan sekilas pembahasan di atas mengenai Pengertian Shalat baik Secara Etimologi maupun Terminologi Menurut Para Ahli berikut dengan tinjauan dalil hukum syara’nya diharapkan bisa memberikan pemahan tentang pengertian dan dalil akan wajib dilaksanakannya shalat tersebut. Waallahu A’lam Bisshawaab.

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.