Pengertian Silaturahmi Menurut Bahasa, Istilah Syar’i Dan KBBI

Pengertian Silaturahmi Dari Berbagai Tinjauan

Secara Bahasa

Silaturahmi berasal dari bahasa arab yang terdiri dari kalimat صِلّة yang berarti “menyambung” dan الرّحمِ yang berarti “rahim perempuan yaitu tempat dimana janin berkembang dan terlindungi dalam perut wanita” Dan istilah الرّحمِ digunakan untuk menyebutkan karib-kerabat, karena ia mereka berasal dari satu rahim. jika dihubungkan menjadi صِلَّةُ الرَّحمِ maka pengertian silaturahmi berarti menyambung hubungan dengan para kerabat.

kemudian ia menjadi Kata Serapan bahasa indonesia sehingga dalam bahasa indonesia berubah kalimatnya menjadi Silaturahmi dimana keduanya merujuk pada makna yang sama yaitu menyambung hubungan dengan para kerabat.

Pengertian Silaturahmi Menurut Bahasa, Istilah Syar'i Dan KBBI

Pengertian Silaturahmi Secara Lengkap

Secara Istilah syar’i

وَأَمَّا صِلَةُ الرَّحِمِ فَهِيَ الْإِحْسَانُ إِلَى الْأَقَارِبِ عَلَى حَسَبِ حَالِ الْوَاصِلِ وَالْمَوْصُولِ فَتَارَةً تَكُونُ بِالْمَالِ وَتَارَةً بِالْخِدْمَةِ وَتَارَةً بِالزِّيَارَةِ وَالسَّلَامِ وَغَيْرِ ذَلِكَ

“adapun silaturahim, ia adalah berbuat baik kepada karib-kerabat sesuai dengan keadaan orang yang hendak menghubungkan dan keadaan orang yang hendak dihubungkan. Terkadang berupa kebaikan dalam hal harta, terkadang dengan memberi bantuan tenaga, terkadang dengan mengunjunginya, dengan memberi salam, dan cara lainnya” (Syarh Shahih Muslim, 2/201). Sumber : Muslim.or.id

Kamus Besar Bahasa Indonesia

Dalam Kamus besar bahasa indonesia, kata silaturahmi berarti tali persahabatan (persaudaraan), jika didefinisikan dalam kata kerja berarti mengikat tali persaudaraan misalnya “mereka bersilaturahmi ke rumah sanak keluarganya” berarti mereka mengikat tali persaudaraan dengan sanak keluarganya.

Jika diperhatikan, pengertian di atas terdiri dari dua segi, yaitu Pengertian Silaturahmi dari segi syara’ (tinjauan syari’at agama islam), dengan begitu silaturahmi tersebut tentu harus sesuai dengan tuntunan agama islam, dan pengertian menurut KBBI yang memberi pengertian dari arti yang umum dan lebih luas.

Definisi tersebut tentunya memiliki tujuan yang baik, yaitu agar istilah tersebut bisa dipakai oleh semua kalangan karena indonesia sendiri terdiri dari masyarakat yang majemuk.

Agama Islam sendiri amat sangat menganjurkan pemeluknya agar selalu ber-silaturahmi, banyak ayat tentang silaturahmi ini dalam al-quran yang kesemuanya itu menyuruh kita agar selalu menjaga hubungan silaturahmi.

Demikian Pengertian Silaturahmi yang bisa dijelaskan disini, semoga kita tergolong umat yang selalu menjadi tali silaturahmi baik dengan keluarga, tetangga, teman dan semuanya.

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.