Pengertian Syarat dan Hukum Sholat Jenazah Dan Penjelasannya

Pengertian Syarat dan Hukum Sholat Jenazah

Sholat jenazah adalah salah satu kewajiban yang wajib dikerjakan oleh seorang muslim, tulisan ini akan membahas bagaimana pengertian syarat dan hukum sholat jenazah berikut dengan perinciannya masing-masing. Pada dasarnya sholat jenazah adalah sholat yang dilakukan untuk mendoakan mayat atau jenazah seorang muslim yang baru meninggal karena tiada lagi yang berarti baginya selain doa dari yang masih hidup.

Oleh karenanya, hendaknya kita bisa ikut melaksanakan sholat jenazah manakala ada sodara, kerabat, teman atau tetangga kita yang meninggal meskipun sudah ada yang mewakilinya. Semakin banyak kita berbuat baik pada orang lain tentunya kita akan mendapat balasan kebaikan pula.

Pengertian Syarat dan Hukum Sholat Jenazah Dan Penjelasannya

Pengertian Syarat dan Hukum Sholat Jenazah

Berikut ini adalah pengertian syarat dan hukum sholat jenazah dengan penjelasannnya masing-masing:

Pengertian Sholat Jenazah

Salat Jenazah adalah jenis salat yang dilakukan untuk jenazah muslim. Setiap muslim yang meninggal baik laki-laki maupun perempuan wajib disalati oleh muslim yang masih hidup.

Syarat Sholat Jenazah

Syarat sholat jenazah sama halnya dengan sholat farduatau sunnah seperti menutupi aurat, suci dari hadas kecil dan besar, suci badan dan pakaian dan sebagainya. Untuk pengertian dan perincian syarat sholat silahkan sobat lihat disini : Syarat Sah Sholat

Hukum Sholat Jenazah

Adapun hukum sholat jenazah adalah fardu kifayah, yaitu wajib dikerjakan oleh sebagaian kaum muslimin namun jika sudah ada yang mengerjakannya maka hukum wajibnya gugur bagi muslim yang lain. Perlu sobat ketahui bahwa jika sobat sudah memulai sholat jenazah maka sobat harus menyempurnakannya jika tidak maka berdosa.

Demikian pembahasan mengenai Pengertian Syarat dan Hukum Sholat Jenazah berikut denganĀ  Penjelasannya masing-masing. Wallahu A’lam Bishawaab.

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.