Pengertian Teks Deskripsi, Struktur Dan Unsur-Unsurnya

Pengertian Teks Deskripsi Beserta Struktur Dan Unsur-Unsurnya

Pengertian Teks Deskripsi | Dalam memberikan sebuah gambaran sesuatu, apapun itu, kita pastinya akan memberikan deskripsi sejelas mungkin agar pembaca bisa memahami dengan benar apa yang sedang kita bicarakan, itulah tujuan utama komunikasi teks deskripsi. Di tulisan kali ini kita akan belajr mengenai teks deskripsi dari segi pengertian berikut dengan struktur dan unsur-unsur pembangun dalam teks deskripsi tersebut. Teks deskripsi sendiri merupakan salah satu jenis teks atau text genre dalam bahasa inggris yang berjumlah 12.

Pengertian Teks Deskripsi dan Unsur-Unsurnya

Pengertian Teks Deskripsi

Perlu difahami bahwa setiap teks tidak harus selalu sama dengan yang lainnya, hal itu tentunya tergantung pada kreativitas penulis dalam membuat sebuah teks wacana atau paragraf.

Berikut ini adalah penjelasan mengenai pengertian teks deskripsi atau description dalam bahasa inggris dilengkapi dengan struktur dan unsur-unsurnya :

Pengertian Teks Deskripsi

Teks deskripsi ialah suatu paragraf yang mana dibuat untuk dengan tujuan untuk menggambarkan seseorang, sesuatu, suatu tempat, seekor binatang secara jelas dan terperinci sehingga pembaca bisa memvisualisasikan apa yang sedang dibacanya.

Struktur Teks Deskripsi

Dalam membuat sebuah paragraf teks deskripsi maka diperlukan struktur yang akan membangunnya, yaitu :

Identification, yaitu pengenalan subjek atau gagasan utama yang akan dideskripsikan.

Description, yaitu segala informasi mengenai ciri-ciri subjek atau gagasan utamanya misalnya sifat-sifat psikologis, perilaku, tampilan fisik, kualitas, ciri khas, dan lain sebagainya.

Unsur Teks Deskripsi

Untuk memberikan gambaran yang jelas dan terperinci, Teks Deskripsi sering menggunakan unsur-unsur kebahasaan tertentu, diantaranya :

– Menggunakan noun atau kata benda yang spesifik, misalnya nama orang (Rudi), nama tempat (gunung galunggung), nama binatang (kucing) dan lain-lain.

– Menggunakan rumus simple present tense.

– Menggunakan detailed noun phrase, yakni kata benda yang mendapatkan perian kata sifat.

– Berbagai jenis adjective yang bersifat describing, numbering dan classifying.

– Menggunakan relational process, yakni menggunakan kata kerja yang dapat menggambarkan keadaan participant, dan atau mengisyaratkan kepemilikan.

– Menggunakan figurative language, yakni menggunakan bahasa figurative simile atau metafor sebagai cara untuk memberi ilustrasi perbandingan.

Jika anda memiliki minat yang besar dalam ilmu komunikasi seperti public speaking atau wartawan, menguasai teks deskripsi tentunya adalah sebuah tuntutan.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian teks deskripsi dalam bahasa inggris, dilengkapi dengan struktur dan unsur-unsur dalam membuat teks deskripsi.

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.