Pengertian Teks Eksplanasi, Struktur, Unsur Kebahasaan dan Contohnya

Pengertian Teks Eksplanasi Lengkap Dengan Contohnya

Pengertian Teks Eksplanasi | Ketika kita hendak membuat sebuah paragraf yang berisi tentang proses terjadinya sesuatu, atau menerangkan sebuah teori maka kita harus menggunakan salah satu jenis teks yang namanya teks eksplanasi. Lalu, apakah yang dimaksud dengan teks eksplanasi tersebut? Kali ini kita akan membahasnya baik dari segi definisi, tujuan, struktur, unsur kebahasaannya juga contohnya.

Pengertian Teks Eksplanasi, Struktur dan Unsur Kebahasaan

Pengertian Teks Eksplanasi dan Contohnya

Banyak kejadian di sekitar kita yang bisa kita jadikan sebagai bahan pembuatan teks eksplanasi, baik hal yang bersifat sosial, budaya ataupn pendidikan. Untuk merangkai paragrafnya kita cukup mengamati bagaimana hal tersebut bisa terjadi, apa penyebabnya, bagaimana akibatnya dan seterusnya.

Berikut ini adalah pembahasan mengenai pengertian teks eksplanasi berikut dengan struktur dan unsur kebahasaannya :

Pengertian Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi ialah teks yang menerangkan proses terjadinya sesuatu sehingga menjadi ada atau terbentuk, atau teks yang membahas suatu teori, definisi, fenomena, faham, ideologi dan hal-hal yang berkaitan dengan fenomena alam.

Struktur Teks Eksplanasi

Teks Eksplanasi memiliki struktur sebagai berikut :

General Statement, yaitu pernyataan umum berupa pendapat penulis atau fenomena yang terjadi di alam ini, atau suatu hal yang sudah diketahui secara umum.

Penjelasan proses, yakni mengapa dan bagaimana sesuatu tersebut bisa terjadi.

Unsur Kebahasaan Teks Eksplanasi

Adapun unsur kebahasaan yang sering digunakan dalam Teks Eksplanasi antara lain :

Action verb

Simple present tense, Lihat rumusnya disini : Rumus Simple Present Tense Verbal Dan Nominal Serta Contohnya

Passive voice, lihat rumusnya disini : Rumus Passive Voice Dalam Bahasa Inggris Lengkap

General dan abstract noun misalnya chopping, earthquake, speech dan lain-lain.

Contoh Teks Eksplanasi Budaya

Indonesia has a variety of cultures. One of the famous cultures is Puppets (wayang). Puppets can be used as shows performed by a puppeteer. Wayang types also vary depending on the local area. The Javanese puppet with Bali is certainly very different.

UNESCO, the institution which oversees the culture of the United Nations, on 7 November 2003 established puppets as a show of the famous puppets from Indonesia, a priceless world heritage in the art of narration (Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity).

the art of puppet shows brought in by Indian traders. However, the local genius and culture that existed before the entry of Hinduism merged with the development of the performing arts that entered gave a distinctive color to the performing arts in Indonesia

Indonesia memiliki beraneka ragam kebudayaan. Salah satu kebudayaan yang terkenal adalah wayang. Wayang bisa dijadikan pertunjukkan yang dibawakan oleh seorang dalang. jenis Wayang pun beragam, tergantung daerah setempat. Wayang Jawa dengan Bali tentu sangat berbeda.

UNESCO, lembaga yang membawahi kebudayaan dari PBB, pada 7 November 2003 menetapkan wayang sebagai pertunjukkan bayangan boneka tersohor dari Indonesia, sebuah warisan mahakarya dunia yang tak ternilai dalam seni bertutur (Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity).

seni pertunjukan wayang dibawa masuk oleh pedagang India. Namun, kegeniusan lokal dan kebudayaan yang ada sebelum masuknya Hindu menyatu dengan perkembangan seni pertunjukan yang masuk memberi warna tersendiri pada seni pertunjukan di Indonesia

Baca juga : Pengertian Teks Report Dalam Bahasa Inggris dan Contohnya

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian teks eksplanasi dilengkapi dengan struktur, unsur-unsur kebahasaannya dan contohnya.

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.