Pengertian Teks News Item dan Strukturnya Serta Unsur Kebahasaannya

Pengertian Teks News Item dan Strukturnya Serta Unsur Kebahasaannya

Pengertian Teks News Item | bagain terakhir dari 12 text genre ialah teks news item. Apa yang dimaksud dengan teks news item tersebut dalam bahasa inggris, bagaimana struktur kalimatnya serta apa saja unsur-unsur kebahasaannya?

Pengertian Teks News Item dan Strukturnya Serta Unsur Kebahasaannya

Pengertian Teks News Item

Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas mengenai anecdote text, sobat bisa mempelajarinya kembali pada tautan ini : Pengertian Anecdote Text Bahasa Inggris

Berikut ini adalah pengertian teks news item lengkap dengan struktur dan unsur kebahasaannya :

Pengertian Teks News Item

Yang dimaksud dengan teks news item ialah teks yang isinya memberikan peristiwa atau kejadian yang dipandang layak untuk diketahui publik, umumnya ia bermuatan berita.

Seperti halnya anecdote text, teks news item ini merupakan bagian dari teks recount hanya saja memiliki perbedaan pada cara penulisannya, yang mana news item umumnya diawali dengan tempat kejadian atau peristiwa dan diikuti nama media pelapornya, baru kemudian paparan/informasi peristiwa, kejadian atau kegiatan.

Dengan gaya penulisannya tersebut, sudah diketahui bahwa tujuan dari teks news item ialah agar publik mengetahui akan suatu peristiwa penting yang telah terjadi.

Struktur

Struktur kalimat yang terdapat dalam teks news item umumnya sebagai berikut :

Newsworthy Event, yakni kejadian inti.

Background events, yakni latar belakang atau pemicu kejadian, dimana ia bermuatan elaborasi kejadian, orang yang terlibat, tempat kejadian danlain-lain.

Sources, yakni komentar saksi kejadian, pendapat para ahli, pelaku dan lain sebagainya.

Crisis, yakni pemunculan masalah.

Unsur Kebahasaan

Adapun unsur kebahasaan yang umum digunakan pada teks news item ialah :

Headline, yakni informasi singkat tentang sebuah peristiwa.

Action verbs, yakni kata kerja yang menunjukan peristiwa atau kejadian, misalnya gathered, killed, departed dan lain-lain.

Saying verb, yakni kata kerja pelaporan misalnya said, told dan lain-lain.

Menguasai gaya tulisan teks news item pastinya sudah menjadi keharusan bagi sobat yang bercita-cita ingin menjadi seorang wartawan karena tugas dari seorang wartawan adalah menyampaikan informasi mengenai sebuah kejadian sedetail mungkin.

Dengan adanya tulisan mengenai pengertian teks news item yang dilengkapi dengan struktur dan unsur kebahasaannya, diharapkan bisa membantu sobat untuk memahami gaya penulisan jenis teks tersebut. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.