Pengertian Teks Report Dalam Bahasa Inggris dan Contoh Singkatnya

Pengertian Teks Report Dalam Bahasa Inggris

Pengertian Teks Report | Jenis teks yang akan dibahas pada postingan kali ini adalah teks report (report text) dimana sebelumnya kita sudah membahas jenis teks juga yakni pengertian teks deskripsi dalam bahasa inggris yang dikupas tuntas beserta tujuan, ciri-ciri, struktur serta unsur-unsur pembangunnya.

Pengertian Teks Report Bahasa Inggris dan Contoh Singkatnya

Pengertian Teks Report dan Contohnya

Oiya, sekedar mengingatkan kembali bahwa genre jumlahnya ada 12, silahkan sobat pelajari disini : 12 Jenis Teks Dalam Bahasa Inggris

Berikut ini adalah pembahasan mengenai pengertian teks report dalam kajian bahasa inggris, dilengkapi tujuannya, ciri-cirinya, struktur dan unsur-unsur pembangunnya :

Pengertian Teks Report

Teks report dalam bahasa inggris ialah sebuah paragraf yang mengupas suatu hasil pengamatan, penelaahan, penelitian, observasi atau studi tentang suatu benda, binatang, orang atau pun tempat.

Wacana yang dibangun pada teks report cenderung menyodorkan participant yang diulas secara general, data yang tersaji pada umumnya berupa kesimpulan umum yang berupa karakteristik, ciri, dan atau keberadaan dan keadaan participant.

Tujuan Teks Report

adapun tujuan dalam pembuatan teks report adalah untuk menggambarkan participant apa adanya, misalnya bila yang dibicarakan adalah suatu benda maka teks report akan lebih menyoroti sisi fungsi dari benda tersebut.

Struktur Teks Report

Seperti halnya jenis teks pada umumnya, teks report pun memiliki struktur pembangunnya. Pada umunya teks report memiliki struktur sebagai berikut :

General Classification, yaitu pernyataan umum yang menerangkan subyek laporan, keterangan dan klasifikasinya.

Description, yakni penginformasian ciri-ciri umum/generalisasi yang dimiliki subjek misalnya sifat-sifat psikologis, perilaku, tampilan fisik, kualitas, fitur-fitur khas dan sejenisnya.

Unsur Teks Report

Menggunakan simple present tense, sebagaimana fungsi dari tenses ini yaitu untuk menyatakan suatu kebenaran umum atau fakta ilmiah.

Menggunakan general noun, yaitu kata yang merujuk pada sesuatu secara umum misalnya burung itu bisa terbang, ikan bisa berenang dan lain-lain.

Menggunakan relational process,  yaitu menggunakan kata kerja yang dapat menggambarkan keadaan participant, dan atau mengisyaratkan kepemilikan. misalnya : burung memiliki sayap, gajah adalah binatang yang besar dan lian-lain.

Contoh Teks Report

Birds or poultry is a member of a group of vertebrates that have feathers and wings. The oldest bird fossils found in Germany and known as Archaeopteryx. Birds have the ability to regulate body temperature so he could remain active in cooler areas.

Many people like birds. In general, they like birds in terms of their sound, but there are also those who like their feather motifs. There are many types of birds in the world, ranging from ordinary birds to birds that cost hundreds of millions of rupiah.

Burung atau unggas adalah anggota kelompok hewan bertulang belakang (vertebrata) yang memiliki bulu dan sayap. Fosil tertua burung ditemukan di Jerman dan dikenal sebagai Archaeopteryx. Burung memiliki kemampuan mengatur suhu tubuhnya (homoeothermik) sehingga dapat tetap aktif di daerah dingin.

Banyak orang yang menykai burung. Pada umumnya, mereka menykai burung dari segi suaranya, namun ada juga yang menykai dari motif bulu yang dimilikinya. Ada banyak jenis burung di dunia, mulai dari burung yang biasa sampai burung yang berharga ratusan jura rupiah.

Demikianlah pembahasan mengenai report text meliputi pengertian teks report, tujuan teks report, struktur, unsur dan contoh singkat teks report dalam bahasa inggris secara singkat dan artinya.

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.