Penggunaan Do Dan Does Dalam Bahasa Inggris Beserta Contohnya

Penggunaan Do Dan Does Dalam Bahasa Inggris

Penggunaan Do Dan Does | Terkadang masih ada yang belum memahami bagaimana penggunaan do dan does dalam bahasa inggris khususnya dalam kalimat simple present tense padahal sebetulnya sangat mudah. Kali ini kita akan belajar bagaimana penggunaan dua kata tersebut menurut kaidah grammer bahasa inggris, dimana kedua kata tersebut termasuk ke dalam auxiliary verb sebagaimana yang telah dibahas pada tulisan sebelumnya.

Baca juga : 16 Pola Rumus Tenses Bahasa Inggris Lengkap

Perlu diketahui bahwa do/does memiliki dua fungsi yakni sebagai kata kerja utama (ordinary verb) dan kata kerja bantu (auxiliary verb). Tulisan kali ini akan membahas tentang penggunaan do dan does sebagai kata kerja bantu.

I

Dengan

Do

You

Dengan

Do

We

Dengan

Do

They

Dengan

Do

He

Dengan

Does

She

Dengan

Does

It

Dengan

Does

Kalimat Negatif

Setelah mengetahui pasangan msaing-masing dari pronoun di atas, selanjutnya kita belajar bagaimana penggunaan do dan does untuk membuat kalimat negatif dalam bahasa inggris. Untuk membuatnya caranya sangat mudah, sobat tinggal menambahkan kata “not” pada pasangan-pasangan kata kerja bantu sesuai dengan pokok kalimat yang digunakannya.

Namun, kata do dan does sering disingkat jika diikuti kata not jadi “don’t” dan “doesn’t”.

Contoh :

I don’t know his name = saya tidak tahu namanya.

I don’t like fish = saya tidak suka ikan

She doesn’t come here = Dia tidak datang ke sini.

Kalimat Tanya

Selanjutnya adalah penggunaan do dan does untuk membuat kalimat tanya atau interogatif. Adapun caranya adalah dengan menempatkan kata do/does di depan kalimat.

Contoh :

Do you see my book? = Apakah kamu melihat bukuku?

Do you get up at six o’clock every morning? = Apakah kamu bangun pukul enam setiap pagi?

Does she come here = Apakah dia datang ke sini?

Kalimat Bertanya Sekaligus Menidakan

Yang terakhir adalah membuat kalimat bertanya sekaligus menyangkal atau menidakan dengan menggunakan do/does dimana caranya adalah dengan menempatkan kata do/does tersebut sebelum pokok kalimat sesuai dengan subjeknya kemudian ditambahkan kata not dan disingkat sehingga menjadi don’t dan doesn’t.

Contoh :

Don’t you work hard? = Pakah kamu tidak bekerja keras?

Doesn’t he love Budi? = Apakah ia tidak mencintai Budi?

Demikianlah pembahasan mengenai bagaimana penggunaan do dan does dalam bahasa inggris baik dalam kalimat negatif, interogatif dan negatif-interogatif dilengkapi dengan contohnya masing-masing.

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.