Penjelasan Mengenai Ilmu Hadits Riwayah Dan Dirayah

Pembagian Ilmu Hadits Riwayah Dan Dirayah

Ilmu Hadits Riwayah Dan Dirayah | Hadits merupakan pegangan bagi umat islam yang menjadi petunjuk bagi umat islam agar memperoleh kebahagiaan baik di dunia maupun di akhirat. Orang yang tidak ingin tersesat jalan hidupnya hendaknya mengikuti apa yang terkandung dalam hadits Nabi Muhammas SAW.

Untuk memahami hadits tersebut maka diperlukan yang namanya Ilmu Hadits atau ‘ulumul Hadits. Sepeninggalnya Nabi Muhammad SAW para sahabat menyusun yang namanya ‘ulumul hadits, kemudian pada perkembangan selanjutnya ilmu hadits tersebut terbagi menjadi dua bagian, yaitu Ilmu Hadits Riwayah dan Ilmu Hadits Diroyah. Sebelumnya telah dibahas mengenai pengertian Ilmu Hadits, bagi sobat yang belum mengetahuinya bisa dilihat disini: Pengertian Hadits Nabi Muhammad SAW

Penjelasan Mengenai Ilmu Hadits Riwayah Dan Dirayah

Hadits Riwayah Dan Dirayah

Artikel ini akan memuat sedikit penjelasan mengenai definisi dari ilmu hadits riwayah dan dirayah dalam ‘ulumul hadits, sehingga bagi sobat yang belum mengetahui tentang definisi dari keduanya bisa terbantu dengan tulisan ini.

Ilmu Hadits Riwayah

Bagian pertama dari pembagian ilmu hadits tersebut adalah ilmu hadits riwayah. Definisi dari ilmu hadits riwayah ini adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari hadits-hadits yang disandarkan kepada Nabi Muhammad SAW baik berupa perkataan, perbuatan, taqrir, tabi’at, maupun tingkah laku nabi.

Baca Juga :   Ayat Al Quran Tentang Riba | Ayat Riba Dalam Al-Quran

Sebagai orang yang mempelajari ilmu hadits pastinya harus mempelajari juga ilmu hadits riwayah, karena dengan memahami ilmu hadits riwayah maka ia bisa menghindari adanya penukilan yang salah sehingga tidak sesuai dengan sumbernya yang pertma, yaitu Nabi Muhammad SAW.

 Ilmu Hadits Dirayah

Selanjutnya adalah pembagian hadits dirayah. Pengertian dari hadits dirayah ini banyak diutarakan oleh ahli hadits, salah satunya adalah Ibnu Al-Akhfani, ia mendefinisikan hadits dirayah dengan “Ilmu untuk mengetahui hakikat periwayatan, syarat-syarat, macam-macam, dan hukum-hukum hadits serta untuk mengetahui keadan para perawi, baik syarat-syaratnya, macam-macam hadits yang diriwayatkan dan segala sesuatu yang berkaitan dengannya”.

Berdasarkan definisi di atas maka ilmu hadits dirayah ini juga sering disebut dengan Ilmu Mustalah Hadits, Ilmu Ushul Hadits, Ulum Al-Hadits dan qawa’id at-tahdits. Kedua istilah ilmu hadits ini (riwayah dan dirayah) hendaknya bisa difahami dengan benar oleh para pengkaji hadits.

Demikinlah penjelasan singkat mengenai ilmu hadits riwayah dan dirayah yang bisa disampaikan melalui tulisan ini, semoga bisa menambah pemahaman mengenai ilmu hadits. Waallahu A’lam Bissawaab.

Yang dicari:


Tinggalkan Komentar