4 Perkara Yang Dapat Menjaga Amal Dengan Baik

Perkara Yang Dapat Menjaga Amal Dengan Baik

Kita sepakat bahwa setiap amalan yang kita lakukan haruslah dilakukan dengan ikhlas, tanpa mengharap suatu apapun selain ridho dari Allah SWt. Selain itu, beramal juga hendaknya dilakukan dengan cara-cara yang baik. Untuk itu, kita akan membahas tentang apa saja hal-hal atau perkara yang dapat menjaga amal dengan baik supaya amalan kita terhindar dari bahaya syirik kecil yang akan selalu menghantui setiap amalan yang dilakukan oleh setiap muslim.

4 Perkara Yang Dapat Menjaga Amal Dengan Baik

Perkara Yang Dapat Menjaga Amal

Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa satu-satunya syarat agar amalan yang kita lakukan di dunia ini bisa diterima oleh Allah SWT adalah iklas sebagaimana Firman Allah dalam Surat Az-Zumar ayat 11 :

قُلْ إِنِّي أُمِرْتُ أَنْ أَعْبُدَ اللَّهَ مُخْلِصًا لَهُ الدِّينَ (١١)

Katakanlah: “Sesungguhnya aku diperintahkan supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam (menjalankan) agama.

Jelsalah bahwa hanya amal yang ikhlas lah yang diperintahkan oleh Allah SWT.

Sebagain ulama hikmah menegaskan bahwa perkara yang dapat menjaga amal dalam kehidupan seharai-hari adalah sebagai berikut:

Ilmu

Segala sesuatu tentu ada ilmunya, apalagi amal ibadah. Jangan sampai kita beribadah tanpa menggunakan control ilmu karena besar kemungkinan akan sia-sia. Ilmu merupakan perkara yang dapat membetulkan amal sehingga kita beramal tidak sia-sia.

Baca Juga :   Doa Agar Menjadi Hamba Yang Shaleh Dan Bersyukur

Niat

Perkara yang dapat menjaga amal selanjutnya adalah Niat. Ya, apa jadinya suatu pekerjaan tanpa adanya niat. Setiap ibadah pastinya memiliki niat masing-masing misalnya sholat, zakat, puasa maupun haji, begitu pula dengan amalan dalam kehidupan sosial misalnya menolong sesama hendaknya diniatkan untuk ibdaha, jangan sampai diniatkan untuk mendapat pengakuan dari orang lain.

Sabar

Hal yang dapat menjaga dan menyempurnakan amal selanjutnya adalah Sabar. Dalah hal apapun kita harus senantiasa ber-sabar, Banyak firman Allah SWT yang berkaitan dengan sabar tersebut, silahkan lihat disini : Ayat Quran Tentang Sabar

Ikhlas

Yang terakhir ini merupakan syarat mutlak diterimanya amal oleh Allah SWT, yaitu ikhlas. Ikhlas dalam melakukan segala amal ibadah baik ibadah yang berkaitan dengan hablun minallah (ibadah secara vertikal) maupun hablun minannas (Ibadah secara horizontal/sosial)

Demikian 4 perkara yang dapat menjaga amal dengan baik dan sempurna. Semoga kita tergolong orang-orang yang selalu beramal dengan ikhlas berharap ridho dari Allah SWT.Amiiin


Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.