Perincian Rukun Shalat Ada 18 Dan Pengertiannya Lengkap

Perincian Rukun Shalat Ada 18 Dan Pengertiannya

Perincian rukun shalat ada 18 adalah tema pembahasan pada tulisan kali ini, selain itu juga akan dijelaskan bagaimana pengertian rukun shalat tersebut. Ada beberapa sumber yang berbeda terkait dengan jumlah rukun dalam shalat, ada yang mengatakan 12, 17 dan 18, bukan berarti shalatnya berbeda hanya saja apakah suatu rukun tersebut dianggap rukun yang terpisah atau menyatu dengan rukun yang lain.

Pengertian Rukun Shalat

Jika dilihat dari pengertian rukun itu sendiri yaitu “sesuatu yang harus dikerjakan dalam melakukan suatu pekerjaan” maka rukun shalat berarti sesuatu yang harus dilakukan dalam melakukan shalat. Baca penjelasan lebih lengkapnya mengenai pengertian rukun pada tulisan sebelumnya.

Tulisan mengenai perincian rukun shalat ada 8 berikut dengan pengertiannya ini diambil dari situs resmi Nu.or.id yang dipublikasikan pada hari Rabu, 08 November 2017 melalui situs resminya. Di antara yang secara sangat terperinci menyebutkan rukun-rukun shalat ialah penjelasan Imam Abu Suja’ dalam Matan al-Ghâyah wa Taqrîb (Surabaya: Al-Hidayah, 2000), hal. 9:

“فصل” وأركان الصلاة ثمانية عشر ركنا النية والقيام مع القدرة وتكبيرة الإحرام وقراءة الفاتحة وبسم الله الرحمن الرحيم آية منها والركوع والطمأنينة فيه والرفع واعتدال والطمأنينة فيه والسجود والطمأنينة فيه والجلوس بين السجدتين والطمأنينة فيه والجلوس الأخير والتشهد فيه والصلاة على النبي صلى الله عليه وسلم فيه والتسليمة الأولى ونية الخروج من الصلاة وترتيب الأركان على ما ذكرناه

“Pasal, Rukun-rukun shalat ada 18, yakni:

1. Niat
2. Berdiri bagi yang mampu
3. Takbiratul ihrâm,
4. Membaca surat al-Fatihah; dimana Bismillâhirrahmânirrahîm merupakan bagian ayatnya
5. Ruku’,
6. Thuma’ninah
7. Bangun dari ruku’ dan I’tidal
8. Thuma’ninah,
9. Sujud
10. Thuma’ninah
11. Duduk diantara dua sujud
12. Thuma’ninah
13. Duduk untuk tasyahhud akhir
14. Membaca tasyahhud akhir
15. Membaca shalawat pada Nabi SAW saat tasyahhud akhir
16. Salam pertama
17. Niat keluar dari shalat
18. Tertib; yakni mengurutkan rukun-rukun sesuai apa yang telah dituturkan”

Demikian pemaparan mengenai perincian rukun shalat ada 18 dilengkapi dengan pengertian rukunnya itu sendiri. Wallahu A’lam Bishawaab.

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.