Menelaah Surat Ar Rahman Ayat 13 Untuk Kita Renungkan

Surat Ar Rahman Ayat 13 Arab Latin Dan Terjemahnya

Salah satu ayat yang sering menjadi perhatian pada surah ar rahman adalah surat ar rahman ayat 13, ayat ini berbentuk kalimat istifham atau kata tanya dimana ia mengandung makna taqrir atau menetapkan. Jadi, Kalimat tanya pada ayat tersebut adalah sebuah penegasan bahwa semua nikmat yang kita terima ini merupakan rahmat atau bentuk kasih sayang Allah swt kepada kita.

Berikut ini adalah penggalan surat ar rahman ayat 13 tulisan arab dan latin serta terjemahannya dalam bahasa indonesia dan inggris :

فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُمَا تُكَذِّبَانِ

Fabiai-yi aalaa-i rabbikumaa tukadz-dzibaan(i)

Which is it, of the favours of your Lord, that ye deny?
“Maka nikmat Rabb-kamu yang manakah, yang kamu dustakan;” –

Adapun teks bacaan surat ar rahman secara lengkap bisa sobat lihat disini : Surat ar Rahman Arabic dan latin

Surat Ar Rahman mp3

Mendengarkan bacaan surat ar rahman apalagi jika kita fham akan maknanya akan membuat hati tentram dan ingin ber-introspeksi diri apakah kita sudah bersyukur atas nikmat tuhanatau belum. Sobat bisa download file mp3-nya disini : Download Surah Ar Rahman Merdu Mp3

Ayat ke 13 ini disebutkan sebanyak tiga puluh satu kali dalam surat ar rahman. Makna penegasan pada surat ar rahman ayat 13 ini berdasarkan sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Hakim melalui Jabir r.a. yang telah menceritakan, bahwa Rasulullah saw. membacakan kepada kami surah Ar Rahman hingga selesai. Kemudian beliau bersabda, “Mengapa kalian ini diam saja?” Sungguh jin lebih baik jawabannya daripada kalian. Karena sesungguhnya tiada sekali-kali aku bacakan kepada mereka ayat ini, “Maka manakah nikmat-nikmat Rabb kamu berdua yang kamu dustakan?” (Q.S. Ar Rahman, 13) melainkan mereka menjawabnya, “Wahai Rabb kami, tiada satu pun nikmat-Mu yang kami dustakan, bagi-Mu segala puji.”

Setelah Allah Subhaanahu wa Ta’aala menyebutkan sekian banyak nikmat-Nya yang dapat dilihat oleh mata dan dipikirkan oleh hati, maka Allah Subhaanahu wa Ta’aala mentaqrir (membuat penegasan terhadap) mereka (jin dan manusia) agar mengakuinya) dengan firman-Nya di atas.

Demikian sekilah tentang telaah Surat Ar Rahman Ayat 13 Untuk Kita Renungkan agar kita selalu pandai bersyukur dalam keadaan apapun. Waallahu A’lam Bishawaab!!

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.