Penggalan Teks, Kandungan dan Tinjauan Nahwu Dalam Surat az zariyat Ayat 56

Penggalan Teks Surat az zariyat Ayat 56

Salah satu ayat yang sering kita dengar khususnya saat acara dakwah ialah Surat az zariyat Ayat 56 yang dibacakan sebagai dalil penguat pada ceramahnya. Kali ini kita akan membahas tinjauan ilmu nahwu pada surat az-zariyat tersebut sekaligus dengan sekilas tentang isi kandungannya. Perlu sobat ketahui bahwa surat az zariyat merupakan surat dengan urutan ke 51 dalam daftar nama-nama surat dalam al-quran.

Selain meninjau dari sudut pandang ilmu nahwu dan kandungannya, juga akan dibuatkan terjemah dari masing-masing kalimat pada ayat tersebut. Hal itu dimaksudkan untuk memudahkan sobat dalam memahami terjemah ayat kalimat per kalimat.

Teks Arab Surat Az Zariyat 56 dan Terjemahnya

Surat az zariyat sendiri terdiri dari 60 ayat, adapun ayat yang ke 56 adalah sebagai berikut :

وَمَا خَلَقۡتُ ٱلۡجِنَّ وَٱلۡإِنسَ إِلَّا لِيَعۡبُدُونِ ٥٦

لِيَعۡبُدُونِ

إِلَّا

وَٱلۡإِنسَ

ٱلۡجِنَّ

خَلَقۡتُ

وَمَا

supaya mereka menyembah-Ku

kecuali

dan manusia

jin

Aku menciptakan

dan tidaklah

 56. Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku.

Tinjauan Ilmu Nahwu

Untuk sobat yang sedang belajar bahasa arab, tinjauan ilmu nahwu tentunya akan sangat diperlukan. Adapun tinjauan ilmu pada surat az zariyat ayat 56 disini hanya akan dilihat dari pengelompokan kalimat berdasarkan kalimat Isim, Fiil dan Huruf.

Isim

Fiil

Huruf

تُ (dhomir)

ٱلۡجِنَّ

ٱلۡإِنسَ (isim)

خَلَقۡ (madhi)

يَعۡبُدُونِ (mudhari)

وَ

مَا (nafi)

وَ (athof)

إِلَّا (istitsna)

لِ

Isi Kandungan

Adapun hikmah atau isi kandungan yang bisa dipetik dari surah az zariyat ayat 56 ini adalah selain sebagai khalifah (yang mengelola bumi), manusia sebenarnya memiliki tugas utama yaitu sebagai hamba. Sebagai wujud penghambaan Seyogyanya kita Mengabdi kepada allah dengan setulus hati dan tidak berbuat syirik, selain itu juga senatiasa bersykur kepada allah atas segala nikmat yang diterima.

Demikianlah tinjauan pada surat az zariyat ayat 56 yang meliputi penggalan teks bacaannya, tinjauan ilmu nahwu dan sekilas isi kandungan yang terdapat pada ayat tersebut, semoga bisa memberikan manfaat buat teman-teman. Allahu A’lam Bisshawaab.

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.