5 Syarat Sah Puasa Yang Harus Diketahui Supaya Puasa Kita Sah

Syarat Sah Puasa Yang Harus Diketahui

Puasa adalah salah satu rukun islam urutan keempat yang wajib kita laksanakan. Setiap umat islam yang berpuasa tentunya berharap puasanya bisa diterima oleh Allah SWT, hanya saja untuk bisa diterima maka puasa kita harus memenuhi syarat-syarat sah dalam berpuasa. Untuk itu, ada beberapa syarat sah puasa yang akan kita bahas pada artikel kali ini.

Selain sayarat sah, kita juga harus mengetahui syarat wajib dan rukun puasa khususnya puasa ramadhan seperti yang sedang kita lakukan saat ini. Adapun syarat dan rukun puasa ramadhan bisa sobat lihat disini : Syarat wajib dan rukun puasa ramadhan

Sejatinya setiap puasa baik puasa wajib atau pun puasa sunat adalah sebuah amalan yang kita lakukan dengan berharap bisa mendapatkan pahala dan ridho dari Allah SWT.

5 Syarat Sah Puasa Yang Harus Diketahui Supaya Puasa Kita Sah

Syarat Sah Dalam Berpuasa

Adapun yang dimaksud dengan syarat sah dalam berpuasa yaitu beberapa aturan yang akan menentukan apakah puasa kita sah atau tidak menurut ajaran agama. Berikut ini adalah 5 syarat sah puasa yang mesti kita jaga dan kita laksanakan manakala kita berpuasa.

Islam

Adapun syarat sah dalam berpuasa yang pertama adalah harus beragama islam. Syari’at untuk berpuasa dalam agama islam akan menjadi sah apabila orang yang berpuasanya beragama islam.

Baca Juga :   Apa Makna Nisfu Syaban Bagimu ?

Berakal

Selanjutnya adalah berakal. Orang yang tidak berakal alias orang gila jika ia berpuasa maka puasanya tidak sah karena salah satu syarat sah puasa adalah harus berakal.

Suci dari Haid dan Nifas

Syarat sah yang ketiga ini adalah syarat sah khusus bagi peremp[uan, yaitu harus bersih atau suci dari haid dan nifas. Kiranya sudah kita ketahui bersama apa itu yang dimaksud dengan haid dan apa itu yang dimaksud dengan nifas.

Niat Di waktu Malam Hari

Syarat yang keempat supaya puasa kita sah adalah harus melakukan niat pada waktu malam hari, hanya saja ini adalah syarat sah puasa untuk puasa wajib, adapun puasa sunat kita diperbolehkan untuk berniat di sing hari hanya saja harus sebelum waktu dzuhur.

Meninggalkan hal-hal yang membatalkan puasa

Yang terakhir tentu saja adalah harus meninggalkan hal-hal yang membatalkan puasa. Ketika melakukan satu hal saja yang membatalkan puasa maka otomatis puasa kita akan batal.

Dari penjelasan di atas kiranya sudah sangat jelas apa saja syarat sah puasa yang mesti kita jaga agar puasa kita sah dimata syari’at dan pada akhirnya kita berharap puasa kita diterima oleh Allah SWT sehingga itu bisa menjadi bekal kita di akhirat nanti. Waallahu A’lam bisshawaab.


Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.