5 Syarat Sah Shalat Dan Syarat Wajib Shalat Berikut Dengan Pengertiannya

5 Syarat Sah Shalat Dan Syarat Wajib Shalat

Sebagai seorang muslim, apakah sobat sudah tahu apa saja syarat sah shalat dan apa saja syarat wajib shalat kemudian bagaimana pengertian keduanya? Kali ini kita akan membahas kedua hal pokok tersebut, dimana hal itu mencakup shalat wajib seperti sholat 5 waktu dan shala jumat atau pun shalat sunah. Namun sebelumnya sobat juga harus mengerti terlebih dahulu bagaimana pengertian shalat itu sendiri yang telah kita bahas pada artikel sebelumnya.

Muslim yang baik tentunya tidak akan meninggalkan shalat wajib yang 5 waktu, untuk itulah kita harus mengetahui apa saja yang menjadi syarat sah dan syarat wajib shalat tersebut. Kedua penjabaran ini kita ambil dari kitab safinah, yang mana kitabnya bisa sobat dapatkan disini : Download Kitab Safinatun Najah pdf Lengkap

Syarat Sah Shalat

Yang dimaksud dengan pengertian syarat sah shalat ialah segala syarat yang harus dipenuhi agar shalat kita sah. Jadi, jika ada 1 saja yang tidak terpenuhi misalnya ada najis pada pakaian kita maka shalatnya tidak sah. Adapun yang menjadi syarat sah dalam shalat aada 5, dengan perincian sebagai berikut :

  1. Telah masuk waktu shalat
  2. Suci dari hadas besar dan kecil
  3. Suci badan, pakaian dan tempat dari najis
  4. menutup aurat
  5. menghadap kiblat

Syarat wajib shalat

Kemudian yang dimaksud dengan syarat wajib shalat adalah beberapa syarat yang jika telah terpenuhi oleh kita maka shalat itu menjadi wajib misalnya kalau kita sudah baligh maka hukum shalat tersebut menjadi wajib. Adapun yang menjadi syarat wajib dalam shalat juga ada 5, dengan perincian sebagai berikut :

  1. Islam
  2. Suci dari hadas dan najis
  3. Baligh atau telah cukup umur
  4. Berakal
  5. Telah sampai dakwah rasulullah kepadanya

Menurut tinjauan hukum atau syari’at islam, shalat sendiri ada yang wajib milsanya shalat yang 5 waktu atau juga shalat jumat dan ada juga yang sunah seperti shalat rawatib. Untuk pembahasan wajib dan sunah bisa sobat baca disini : Macam Macam Hukum Islam Berdasarkan Ilmu Fiqih

Demikian sekilas mengenai pembahasan 5 Syarat Sah Shalat Dan Syarat Wajib Shalat Berikut Dengan Pengertiannya masing-masing, semoga bisa memberikat manfaat yang sebesar-besarnya bagi pembaca adinawas.com yang budiman. Waallahu A’lam Bisshawaab.

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.