7 Tujuan Utama Zakat Secara Umum Baik Zakat Fitrah Maupun Mal

Tujuan Utama Zakat Secara Umum Baik Zakat Fitrah Maupun Mal

Tujuan Utama Zakat Secara Umum | Sebagai umat islam tentunya kita memiliki kewajiban dalam membayar zakat karena zakat itu sendiri termasuk salah satu rukun islam. Pada artikel ini kita akan belajar mengenai apa yang menjadi tujuan diwajibkannya zakat secara umum baik itu zakat mall atau pun zakat fitrah. Adanya tujuan zakat itu sendiri tentunya dilatarbelakangi oleh landasan filosofi zakat dimana penjelasannya setalh dibahas pada postingan sebelumnya.

Baca juga : Pengertian Zakat Rikaz Atau Harta Terpendam

Sebenarnya ada banyak tujuan zakat yang dikemukan oleh para ulama, hanya saja pada tulisan ini dirangkum menjadi 7 poin penting yang menjadi tujuan utamanya. Adapaun tujuan utama zakat tersebut ialah sebagai berikut :

1. Menigkatkan Kesejahteraan

Tiap orang pastinya menginginkan kesejahteraan dalam hidupnya. Melalui zakat, Orang yang memiliki kelebihan dalam hartanya bisa membantu orang yang kekurangan sehingga kesejahteraan mereka terbantu dengan adanya zakat tersebut.

2. Mengatasi Kemiskinan

Salah satu masalah yang menjadi momok dalam sebuah negara adalah KEMISKINAN. Berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah guna mengurangi angka kemiskinan, termasuk melalui program zakat seperti yang dilakukan oleh lembaga zakat atau badan amil zakat nasional (baznas).

3. Membina Tali Persaudaraan

Sejatinya zakat adalah bentuk ibadah sosial kemanusiaan sehingga dengan adanya zakat yang disalurkan dari yang mampu pada yang miskin akan mewujudkan tujuan utama zakat yakni membina tali persaudaraan satu sama lain, khususnya bagi sesama umat islam.

4. Menghilangakn Sifat Kikir

Kikir adalah salah satu sifat tercela yang banyak menghinggapi hati manusia, adanya zakat tentunya akan melatih seseorang untuk menghilangkan sifat kikir

5. Menumbuhkan Rasa Peduli

Salah satu tujuan utama zakat adalah menumbuhkan rasa peduli sesama manusia. Sebagai makhluk sosial kita dituntut untuk memiliki kepedulian kepada orang lain, slah satunya adalah dengan mengeluarkan zakat bagi mereka yang tidak mampu.

6. Pemerataan Kesejahteraan

Selain meningkatkan kesejahteraan sebagaimana telah disebutkan pada poin 1 di atas, zakat juga memiliki tujuan untuk pemerataan kesejahteraan bagi masyarakat secara umum.

7. Menghilangkan Ketimpangan Ekonomi

Seringkali ketimpangan ekonomi menjadi penyebab adanya kesenjangan sosial di antara masyarakat sehingga mengakibatkan adanya jarak antara si kaya dan si miskin. Maka, dengan adanya zakat ketimpangan tersebut bisa dikurangi.

Baca juga : Dasar Hukum Zakat Menurut Al-Quran Dan Hadits

Demikianlah pemaparan mengenai tujuan utama zakat secara umum baik zakat fitrah, zakat mal atau pun zakat lainnya. Wallahu A’lam Bishawaab.

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.